Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potensi Banjir, Asuransi Umum Siapkan Layanan Ekstra

Meningkatnya potensi cuaca ekstrim yang berdampak pada bencana banjir Februari 2016 diantisipasi sejumlah asuransi umum dengan peningkatan layanan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Meningkatnya potensi cuaca ekstrim yang berdampak pada bencana banjir Februari 2016 diantisipasi sejumlah asuransi umum dengan peningkatan layanan.

Vice President Director PT Asuransi Cakrawala Proteksi Nicolaus Prawiro mengatakan pihaknya menjanjikan layanan klaim ekstra cepat akan diberikan kepada pelanggan yang terkena dampak banjir.

Menurut dia, hal itu akan menumbuhkan kepercayaan nabsaha, di samping langkah tersebut memang menjadi kewajiban asuransi.

 “Layanan kami stand by, untuk klaim kami tawarkan secepatnya, tidak menunggu. Proses cepat itu penting bagi nasabah yang sedang berada dalam kondisi sulit,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (15/2/2016).

Nicolaus menjelaskan pihaknya meningkatkan kewaspadaan terhadap sejumlah wilayah, seperti DKI Jakarta yang diperkirakan bakal mengalami cuaca ekstrim dalam waktu dekat. Dengan begitu, jelasnya, peningkatan layanan bisa dilakukan secara lebih terarah.

Sementara itu, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) membentuk tim tanggap bencana yang bertujuan untuk memberikan bantuan berupa evakuasi.

Guntur Pramudhya, Contact Center Department Head Adira Insurance menjelaskan timini selalu disiapkan setiap tahun. Bantuan utama yang diberikan berupa evakuasi kendaraan ke lokasi yang lebih aman serta perbaikan kendaraan atas kerusakan akibat banjir sesuai jaminan yang tercatat di dalam polis.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan logistik bagi para korban banjir melalui posko-posko banjir yang tersedia.

“Setiap tahunnya, kami selalu membentuk tim tanggap bencana di Adira Insurance, terutama menjelang musim penghujan,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Guntur mengungkapkan pihaknya juga akan memberikan sosialisasi kepada para nasabah Adira Insurance tentang persiapan menghadapi banjir melalui sejumlah media, seperti surat elektronik dan pesan singkat pada telepon seluler.

Sedangkan,  terkait proses evakuasi, pihaknya mengarahkan pelanggan untuk menghubungi call center agar segera memperoleh pertolongan. Untuk penanganan perbaikan kendaraan pun Adira Insurance juga telah berkoordinasi dengan bengkel rekanan terkait prosedur penanganan dan perbaikan kendaraan yang terkena banjir.

Guntur  menjelaskan pihaknya menyediakan paket perlindungan jaminan banjir pada produk asuransi mobil Autocillin dan asuransi mobil mewah Autocillin Platinum. Sedangkan, pelanggan juga dapat memperoleh perluasan perlindungan asuransi rumah Home Insurance dan asuransi perlindungan tempat usaha Arthacillin.

“Terkait dengan manfaat perlindungan jaminan banjir dari Adira Insurance, pelanggan akan mendapat penggantian sesuai jaminan utama polis apabila kerugian disebabkan karena banjir sesuai dengan klausula dan ketentuan polis yang berlaku.”

Seperti diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengimbau masyarakat DKI Jakarta mewaspadai potensi terjadinya banjir pada pekan ke tiga dan ke empat Februari 2016.

"Sesuai prakiraan hujan, potensi tinggi terjadi banjir di DKI Jakarta pada minggu ke tiga hingga ke empat Februari 2016. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (14/2/2016) malam.

Sutopo mengatakan berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pertumbuhan awan hujan di Indonesia diperkirakan meningkat beberapa pekan ke depan, seiring dengan indek fenomena seruak dingin (cold surge index/fenomena angin kencang) dan fenomena fase basah Madden Julian Oscilatiion (MJO/anomali curah hujan).

Kedua fenomena itu berkolaborasi dan diperkirakan kembali menimbulkan potensi kejadian cuaca ekstrem di beberapa daerah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper