Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Riau Kepri Segera Operasikan Laku Pandai di 3 Kota

PT Bank Riau Kepri segera mengoperasikan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) di tiga kota yaitu Pekanbaru, Kampar, dan Batam.

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Bank Riau Kepri segera mengoperasikan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) di tiga kota yaitu Pekanbaru, Kampar, dan Batam.

Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari mengatakan layanan ini harusnya sudah mulai berjalan April lalu.

"Tetapi kemarin OJK maunya Laku Pandai BPD ini dievaluasi secara menyeluruh untuk segala kesiapannya agar tidak terjadi masalah seperti BPD lainnya," katanya kepada Bisnis, Rabu (20/7/2016).

Irvandi mengatakan kasus salah satu BPD yang meluncurkan Laku Pandai tetapi sehari setelahnya tidak bisa berjalan dengan baik, menjadi catatan OJK dalam memberikan izin layanan serupa kepada BPD lainnya.

OJK kata dia melakukan serangkaian pemeriksaan mulai dari sistem layanan, risiko, hingga kemungkinan adanya upaya sabotase dari pihak-pihak tertentu dan bagaimana bank terkait menyiapkan sistem keamanannya.

Pemilihan tiga daerah ini telah melalui beberapa langkah persiapan yaitu kesiapan jaringan dan sistem pendukung di tiga daerah tersebut.

Lalu untuk pelayanan, Bank Riau Kepri kata Irvandi akan melakukan pelatihan kepada sumber daya manusia yang mengoperasikan layanan tersebut.

"Kami akan melatih agen Laku Pandainya, sudah kami agendakan minggu depan," katanya.

Sementara itu Kepala OJK Wilayah Riau Muhammad Nurdin Subandi mengatakan memang tidak seluruh daerah kabupaten dan kota di Riau Kepri mendapatkan izin operasional Laku Pandai.

"Ini sesuai pengajuan dari bank terkait, karena nanti dari operasional di beberapa kota itu akan kami lihat bagaimana berjalan pelayanannya," katanya.

OJK kata Subandi akan melakukan evaluasi secara berkelanjutan atas layanan ini karena menyangkut salah satu produk yang diawasi dan dijamin oleh otoritas tersebut.

Adapun selain Bank Riau Kepri, BPD lainnya yang telah mengajukan izin Laku Pandai kepada OJK yaitu Bank NTT dan Bank Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper