Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembahasan RUU Perbankan Jalan di Tempat

Meskipun sudah masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas), pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perbankan masih belum menunjukkan progress yang signifikan alias jalan di tempat.
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 22 Agustus 2016  |  19:47 WIB
Ilustrasi - www.udku.com.au
Ilustrasi - www.udku.com.au

Bisnis.com, JAKARTA-Meskipun sudah masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas), pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perbankan masih belum menunjukkan progress yang signifikan alias jalan di tempat.

 

Anggota Komisi XI DPR RI Misbakhun mengatakan, panitia kerja (panja) pembentukan RUU tersebut sebenarnya sudah lama terbentuk sebagai inisiatif DPR. Hanya saja sampai hari ini RUU tersebut tak kunjung kelar.

 

"Masalahnya sangat teknis yaitu jadwal yang sering berbenturan dengan pembahasan RUU lain yang lebih prioritas," ujarnya kepada Bisnis.com di Jakarta, (22/8/2016).

 

Beberapa pembahasan undang-undang yang lebih prioritas tersebut antara lain Undang-Undang Pencegahan dan Penanganan Sistem Keuangan (UU PPKSK) dan Undang-Undang Bea Materai.

 

Selain itu ada pula amandemen undang-undang Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai lanjutan dari UU PPKSK.

 

Meskipun demikian, bukan berarti perhatian terhadap UU Perbankan berhenti sama sekali. Misbakhun mengatakan pihaknya tetap memperhatikan perkembangan regulasi terkait perbankan. Diantaranya adalah perubahan suku bunga acuan BI dan perjanjian kerja sama antara OJK dan Bank Negara Malaysia terkait ekpansi bank.

 

"Perubahan regulasi itu bisa masuk dalam pembahasan nanti," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr ruu perbankan
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top