Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketika Gubernur BI Blusukan ke Blok M

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Senin (19/12/2016), blusukan ke kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan, untuk menyosialisasikan 11 pecahan uang rupiah baru dengan 12 gambar pahlawan nasional.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Desember 2016  |  17:30 WIB
Ketika Gubernur BI Blusukan ke Blok M
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo melakukan transaksi dengan uang pecahan baru saat sosialisasi di pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (19/12). Agus Martowardojo melakukan sosialisasi uang pecahan baru kepada masyarakat di pusat perbelanjaan meliputi uang kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000 dan pecahan logam Rp 1.000, Rp500, Rp200 dan Rp100. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Senin (19/12/2016), blusukan ke kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan, untuk menyosialisasikan 11 pecahan uang rupiah baru dengan 12 gambar pahlawan nasional.

Di siang yang panas itu, Agus berpenampilan berbeda dari biasanya yang selalu mengenakan jas atau pun batik.

Agus mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam mirip dengan penampilan Presiden Joko Widodo ketika blusukan menyapa masyarakat.

Sontak, penampilan Agus itu mengundang rasa heran masyarakat sekitar, termasuk para jurnalis yang sudah menunggu di lokasi sosialisasi dan penukaran uang rupiah lama dengan uang rupiah baru.

"Kok tumben mengenakan hitam putih Pak," tanya sejumlah orang. Agus hanya tersenyum, tanpa menjawab.

Di Blok M Square hari ini, BI mengerahkan dua mobil penukaran uang dengan total uang baru yang disediakan Rp1,5 miliar. Masing-masing warga boleh menukar uang lamanya dengan uang baru maksimal hingga Rp3,8 juta per orang.

Belanja Pakaian

Setelah mensosialisasikan 11 pecahan uang rupiah baru, Agus bekeliling ke lantai 1 Blok M Square. Saat memasuki pusat perbelanjaan tersebut, sejumlah pegawai toko dan juga pengunjung bertanya-tanya.

"Itu Gubernur mana ya, Gubernur DKI Jakarta?," tanya salah satu pegawai toko yang menjual seragam sekolah. "Bukan, itu Gubernur Bank Indonesia, Bank juga punya gubernur, bukan hanya Jakarta," kata salah satu pegawai BI yang mengikuti blusukan itu, sambil terkekeh.

Tak hanya kesamaan dalam berpakaian dengan Jokowi, Agus juga menyempatkan diri berbelanja di mal tersebut, sekaligus melakukan sosialiasasi uang baru.

Presiden Jokowi juga kerap berbelanja saat blusukan, baik saat dia sudah menjabat sebagai Presiden, maupun saat masih berkampanye pada Pemilu 2014.

Agus dalam kesempatan itu, berbelanja pakaian gamis, batik, kopiah, dompet dan kerajinan perak. Semua uang yang dia bayar menggunakan uang rupiah baru.

"Ini rupiah baru sudah bisa digunakan dan berlaku di seluruh Indonesia. Tapi uang rupiah lama juga masih berlaku, sampai nanti ada pengumuman resmi dari BI tentang pencabutan uang rupiah lama," kata Agus kepada Veti Rahmawati seorang penjual pakaian gamis.

Veti mengaku terkejut dengan kedatangan Agus. Wanita berusia 43 tahun itu juga mengaku belum tahu menahu soal 11 pecahan uang rupiah baru yang diresmikan Presiden Jokowi hari ini. "Tidak tahu, tiba-tiba datang pejabat dengan pengawalan, dikira siapa," ujar Veti.

"Sempat gemetar juga, tapi bagus semuanya ada gambar pahlawan. Kita jadi tahu pahlawan-pahlawan nasional, setiap melihat uang baru," tambahnya.

Agus yang didampingi Deputi Gubernur BI Ronald Waas, yang juga berpakaian putih-hitam, mengakhiri kunjungannya ke Blok M dengan membeli kerajinan perak.

Agus membeli miniatur becak berbahan perak seharga Rp300.000. Miniatur itu dibuat di Kotagede, Yogyakarta. "Pak, mampir ke toko batik saya dong Pak, murah," kata salah satu warga Blok M Square, yang tidak sempat dihampiri Agus.

Agus menghabiskan total Rp1,2 juta untuk belanja di sela-sela kunjungannya, yang terdiri dari pakaian gamis seharga Rp400.000, pakaian batik Rp150.000, peci Rp110.000, dompet Rp250.000 dan kerajinan perak Rp300.000. Semua barang itu dibayar dengan uang rupiah baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gubernur bi uang pecahan kecil

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top