Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPOB Bank Mandiri Sumbang Fee Based Rp6,6 Miliar

Sampai dengan Oktober, bisnis Payment Point Online Bank (PPOB) milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. masih tumbuh positif. Jumlah transaksi tercatat mencapai belasan juta dengan voluem transaksi perbulan sekitar Rp2 triliun.
 Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi  melakukan transaksi nontunai menggunakan e-Money di pasar basah Unit Pasar Besar (UPB) Mayestik, Jakarta Selatan, Rabu (4/4/2018). (Bisnis/Nirmala Aninda)
Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi melakukan transaksi nontunai menggunakan e-Money di pasar basah Unit Pasar Besar (UPB) Mayestik, Jakarta Selatan, Rabu (4/4/2018). (Bisnis/Nirmala Aninda)

Bisnis.com, JAKARTA - Sampai dengan Oktober, bisnis Payment Point Online Bank (PPOB) milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. masih tumbuh positif. Jumlah transaksi tercatat mencapai belasan juta dengan voluem transaksi perbulan sekitar Rp2 triliun.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan bahwa secara rata-rata volume transaksi PPOB perseroan mencapai Rp2,1 triliun. Adapun jumlah rata-rata transaksi perbulan mencapai 15 juta.

“Berdasarkan data transaksi PPOB di Bank Mandiri, mayoritas trasaksi PPOB adalah tagihan listrik,” katanya kepada Bisnis, Sabtu (8/12/2018).

Dia menuturkan, pertumbuhan bisnis PPOB Bank Mandiri juga berdampak positif terhadap pendapatan non bunga atau fee based income (FBI). Sampai dengan Oktober, kontribusi FBI PPOB mencapai Rp6,6 miliar, tumbuh 3% secara tahunan.

Bisnis PPOB yang memfasilitasi pembayaran nasabah menjadi salah satu sektor jasa finansial yang diprediksi akan tergerus oleh keberadaaan perusahaan teknologi finansial (Tekfin). Merujuk pada riset PricewaterhouseCoopers pada 2016, layanan tersebut beserta layanan perbankan konsumer menjadi dua sektor yang akan terdisrupsi paling besar oleh Tekfin.

Namun demikian, Hery menilai kehadiran Tekfin tidak akan serta merta menggerus bisnis PPOB. Pasalhnya beberapa Tekfin yang bergerak di bidang pembayaran pun masih menggunakan layanan perbankan dalam sistemnya.

“Sebenarnya beberapa fintech yang melayani pembayaran PPOB masih menggunakan service atau payment bank dibelakangnya. Bank Mandiri akan mulai menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi. Adapun, skema nya masih sama seperti PPOB tapi bersifat mobile,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper