Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SMF Targetkan Penggalangan Dana 2019 Senilai Rp12,2 Triliun

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menargetkan penggalangan dana di pasar modal untuk memenuhi target pembiayaan perseroan tahun ini mencapai Rp12,2 triliun.
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 25 Maret 2019  |  12:16 WIB
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djayadi (kedua dari kiri) memberikan cindera mata kepada Direktur Utama SMF Anata Wiyogo usai pencatatan Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan IV SMF Tahap VIII Tahun 2019, di Gedung Bursa Efek Indonesia, pada Senin (25/3/2019)./Bisnis - Emanuel B. Caesario
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djayadi (kedua dari kiri) memberikan cindera mata kepada Direktur Utama SMF Anata Wiyogo usai pencatatan Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan IV SMF Tahap VIII Tahun 2019, di Gedung Bursa Efek Indonesia, pada Senin (25/3/2019)./Bisnis - Emanuel B. Caesario

Bisnis.com, JAKARTA—PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menargetkan penggalangan dana di pasar modal untuk memenuhi target pembiayaan perseroan tahun ini mencapai Rp12,2 triliun.

Heliantopo, Direktur SMF, mengatakan bahwa SMF baru saja menyelesaikan emisi Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi IV dengan total dana yang terserap mencapai Rp11,9 triliun atau sedikit di bahwa targetnya Rp12 triliun.

PUB IV SMF diterbitkan dalam 8 tahap. Tahap terakhir baru saja selesai dan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia hari ini, Senin (25/3/2019) dengan total nilai emisi Rp2,51 triliun. Sebelunya, emisi tahap 7 diselesaikan pada Februari 2019 lalu dengan nilai Rp1,85 triliun.

Dengan demikian, sepanjang tahun ini saja, SMF sudah merealisasikan penggalangan dana atau fund rasing senilai Rp4,36 triliun.

Heliantopo mengatakan, perseroan menargetkan fund raising tahun ini akan mencapai Rp12,2 triliun. Target tersebut terdiri atas target emisi obligasi senilai Rp10 triliun dan sekuritisasi efek beragun aset (EBA) senilai Rp2,2 triliun.

Kini SMF berniat mempersiapkan emisi PUB baru, yakni PUB V untuk memenuhi target fund raising tahun ini. Adapun, target penerbitan PUB V jauh lebih tinggi dibandingkan PUB IV, yakni Rp21 triliun. Realisasinya akan dilakukan dalam beberapa tahun.

“Kita sudah terbitkan sekitar Rp4 triliun, berarti untuk obligasi tersisa sekitar Rp6 triliun. Itu akan kita segera selesaikan. Mudah-mudahan pada semester kedua. Kita optimistis target Rp6 triliun itu bisa kita dapatkan dananya dari investor,” katanya, Senin (25/3/2019).

Heliantopo mengatakan, emisi tahap pertama dari PUB V ini ditargetkan rampung pada kuartal II/2019 mendatang. Emisi tahap pertama ditargetkan sebesar Rp2 triliun.

“Kita harapkan akhir kuartal kedua, paling telat Juni,” katanya.

Sementara itu, perseroan tetap akan mempersiapkan penerbitan EBA. Perseroan membuka dua kemungkinan penerbitan EBA, yakni EBA konvensional atau EBA Syariah. SMF sudah menerbitkan EBA sejak 2009 sebanyak belasan seri dengan peringkat yang konsisten pada AAA.

Heliantopo mengatakan, fund raising yang dilakukan SMF selalu bertujuan untuk menutup pembiayaan yang sebelumnya sudah dilakukan perseroan dengan mengandalkan ekuitas. Dengan demikian, target fund raising senilai Rp12,2 triliun adalah setara dengan target pembiayaan sekunder KPR SMF tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smf sarana multigriya finansial
Editor : Riendy Astria
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top