JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019 : Cara Hemat Saat Liburan Lebaran

Besarnya biaya yang keluar untuk keseluruhan kebutuhan Lebaran dan mudik perlu ada antisipasi sebelum berlibur lebaran.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 02 Juni 2019 21:34 WIB
Ilustrasi-Karyawan menghitung mata uang rupiah di gerai penukaran mata uang asing Ayu Masagung, Kwitang, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, PROBOLINGGO - Hari Raya Lebaran semakin dekat. Sebagian dari Anda mungkin sudah berencana mengunjungi obyek wisata tertentu bersama keluarga saat libur Lebaran tiba.

Sesudah merogoh kocek untuk mudik, tentu Anda tidak ingin kebobolan anggaran saat kembali ke kota asal.

Besarnya biaya yang keluar untuk keseluruhan kebutuhan Lebaran dan mudik perlu ada antisipasi sebelum berlibur lebaran.

Berikut beberapa tips hemat anggaran saat liburan lebaran.

1. Rencanakan liburan sejak jauh hari

Liburan yang spontan dan kurang terencana biasanya menghabiskan banyak anggaran, karena reservasi berbagai keperluan dilakukan mendadak sehingga mempengaruhi harga.

Pastikan membuat rencana liburan ini sejak jauh hari. Agar tak menguras tabungan dan simpanan tunjangan hari raya (THR) masukan liburan lebaran ini ke cash-flow selama satu tahun untuk meringankan beban finansial.

2. Berburu tiket perjalanan dan akomodasi murah

Di sinilah pentingnya perencanaan. Dengan menjabarkan rincian liburan lebaran, Anda dapat memesan tiket perjalanan dan akomodasi lebih cepat sehingga harganya lebih murah. Jangan ragu untuk berburu tiket promo atau datang ke travel fair di kota Anda.

3. Bawa makanan dan minuman dari rumah

Selain menghemat anggaran, membawa bekal juga mengurangi produksi sampah, lho. Namun, pastikan obyek wisata yang akan Anda kunjungi memperbolehkan pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar.

4. Pangkas anggaran belanja selama liburan

Selama berlibur, pelancong biasanya tergoda untuk berbelanja aneka oleh-oleh dan barang khas setempat. Coba tanya diri Anda sendiri, seberapa barang tersebut akan berguna bagi Anda. Jika Anda tidak benar-benar memerlukan barang tersebut makaAnda disarankan untuk tidak membelinya.

Selamat berlibur lebaran!


(Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top