Keuangan Cekak di Tanggal Tua, Bijakkah Pinjam Dana Cepat ke Fintech?

Tanggal tua, memang masih jadi momok yang mencemaskan bagi sebagian besar orang.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 01 September 2019  |  09:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Tanggal tua, memang masih jadi momok yang mencemaskan bagi sebagian besar orang.

Gajian masih beberapa belas hari lagi, tapi rekening rasanya sudah kembang kempis. Tabungan pun nggak ada.

Mau nggak mau mesti cari dana talangan buat bisa bertahan sampai tanggal gajian. Terus, kepikiran apply pinjaman dana cepat online ke fintech seperti Kredivo. Bijak nggak ya?

Idealnya, pinjam dana cepat ke fintech dilakukan kalau memang ada kebutuhan yang benar-benar mendesak.

Sementara itu, keuangan yang cekak di tanggal tua belum bisa dikatakan sebagai kebutuhan mendesak. Sebab, biasanya ini terjadi karena kesalahan dalam manajemen keuangan di awal dan juga karena memang jumlah penghasilan yang masuk ke rekening belum mampu meng-cover semua kebutuhan yang ada. 

Biaya kebutuhan sehari-hari bukan termasuk kebutuhan mendesak. Namun, kebutuhan primer yang memang sudah seharusnya dipersiapkan alokasi dananya dengan matang di awal bulan.

Apabila kamu mengandalkan pinjaman dana dari fintech di tanggal tua untuk memenuhi kebutuhan, kemungkinan besar di bulan berikutnya kamu malah bakal kerepotan menutup angsuran pinjamannya.

Dan bisa jadi, malah bergantung terus-terusan pada pinjaman demi menutup kebutuhan hidup. 

Selain memperbaiki pengaturan keuangan, masalah ini bisa dihadapi dengan cara berhemat sampai gajian tiba, ataupun mencari peluang bisnis sampingan dan juga kerja sampingan supaya jumlah penghasilan bertambah. 

Di jaman sekarang, beberapa tipe bisnis sampingan ada lho yang tidak menyita banyak waktu ataupun membutuhkan modal besar.

Jadi agen pulsa misalnya. Banyak aplikasi agen pulsa yang bisa kamu download di Google Play Store atau App Store dan memberikan harga termurah.

Cuma dengan deposit minimal 50 ribu sampai 100 ribu, kamu sudah bisa coba mulai jualan pulsa PPOB. Kalau ada kemauan, pasti ada jalan!

Jadi, pinjam dana cepat ke fintech harusnya untuk kebutuhan apa sih?

Misalnya begini, di tanggal tua, kamu sudah menghitung-hitung kalau uang yang tersisa hanya cukup untuk biaya transport & makan sampai gajian berikutnya.

Kemudian, tanpa diduga, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk rumah sakit, bengkel, atau ada barang rusak di rumah yang perlu diperbaiki segera, seperti pompa air. Ini termasuk kondisi yang bisa disebut mendesak. 

Pinjam uang ke fintech bisa jadi salah satu solusi terbaik untuk kondisi tersebut. Sebab, selain daftarnya mudah, pencairannya juga cepat, biasanya hanya 1-2 hari kerja.

Dengan Kredivo misalnya, pinjaman dana tunai bisa langsung cair dalam 1 hari kerja apabila pengajuan sudah disetujui.

Suku bunga yang diberikan Kredivo adalah suku bunga tetap yang cukup rendah, yaitu 2,95% per bulan untuk pinjaman tunai, dengan opsi tenor mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal hingga 6 bulan. 

Untuk jenis pinjamannya sendiri terbagi menjadi dua, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo.

Bagi kamu yang butuh dana pinjaman dengan jumlah kecil, fitur pinjaman mini bisa diandalkan sebab minimum pengajuannya mulai dari 500 ribu dengan tenor pengembalian maksimal dalam waktu 30 hari.

Sementara bagi kamu yang butuh pinjaman dana agak besar, gunakan fitur pinjaman jumbo yang minimal pengajuannya mulai dari 1 juta dan maksimal sesuai limit kredit yang kamu miliki untuk tenor 6 bulan. 

Tenor 6 bulan? Bagaimana mekanismenya?

Iya, untuk bisa pinjam dana di Kredivo, pertama-tama, kamu perlu terdaftar dulu sebagai Akun Premium di Kredivo.

Syarat untuk bisa daftarnya gampang banget: pastikan kamu sudah berusia minimal 18 tahun, berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi, dan punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulannya. 

Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, kemudian pilih Akun Premium dan daftar.

Untuk Akun Premium, selain KTP, kamu juga membutuhkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan dan akun e-commerce yang aktif sebagai bukti domisili.

Setelah daftar, tunggu proses approval dalam waktu 1 x 24 jam. Apabila diapproved, kamu akan dapat sejumlah limit kredit nontunai.

Jumlahnya maksimal bisa sampai Rp 30 juta. Jangan kecewa apabila kamu nggak dapat limit Rp 30 juta. Sebab, sebagai perusahaan multifinansial, Kredivo tentunya juga menganalisa besaran penghasilan dan kemampuan finansial dari penggunanya sebelum memberikan sejumlah limit. 

Nah, limit yang kamu dapatkan di akun Kredivo ini akan terbagi ke dalam 4 tenor: limit untuk tenor 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Jadi, misalnya limit tenor 6 bulan tersedia Rp 10 juta, artinya kamu bisa ajukan pinjaman maksimal di Kredivo sebesar Rp 10 juta dalam waktu 6 bulan. Menarik, kan?

Nggak cuma buat pinjam dana cepat aja, limit tersebut juga bisa kamu gunakan untuk pembayaran atau belanja cicilan di berbagai merchant rekanan Kredivo mulai dari yang offline sampai online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dsb.

Khusus untuk cicilan barang, kamu hanya perlu belanja minimal Rp 1 juta. Tenor yang tersedia untuk cicilan mulai dari 3/6/12 bulan dengan suku bunga 2,95% per bulan, tanpa uang muka.

Apabila kamu memilih metode kredit dalam 30 hari, kamu nggak akan dikenakan bunga sama sekali, lho. 

Nggak bakal rugi kalau daftar Kredivo sekarang. Bisa jadi sahabat di kala darurat. Dengan catatan, kamu perlu bijak dalam menggunakannya, ya!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kredivo

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top