Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Bank Mandiri Mulai Garap KPR Seken

Pasar penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. masih didominasi rumah primer, meski perseroan telah mulai menggeser fokus pembiayaan ke hunian bekas.
KPR/uangteman.com
KPR/uangteman.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. masih didominasi rumah primer, meski perseroan telah mulai menggeser fokus pembiayaan ke hunian bekas.

Hingga September 2019, komposisi penyaluran KPR Bank Mandiri masih didominasi pasar hunian primer atau baru. Rasio KPR untuk hunian primer dan bekas adalah 70 persen berbanding 30 persen.

"Sekarang kan [porsi KPR rumah bekas] masih 20 persen-25 persen, kami mau genjot ya mungkin tahun depan jadi 30 persen-35 persen,” kata SVP Consumer Loan Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo kepada Bisnis, Kamis (3/10/2019).

Bank Mandiri berencana mulai fokus menggarap pasar hunian bekas untuk penyaluran KPR pada tahun depan. Hal ini dilakukan karena ada kecenderungan pembeli hunian saat ini ingin rumah yang sudah siap ditempati, dan lingkungannya telah mendukung.

Menurut Susatyo, ada sejumlah debitur yang enggan mengambil KPR untuk perumahan baru karena lingkungan sekitar belum siap, atau ketiadaan tetangga meski rumah sudah terbangun. Hal itu berbeda jika debitur membeli rumah bekas.

Hingga September 2019 nilai KPR yang disalurkan Bank Mandiri mencapai Rp43,2 triliun atau tumbuh 4,1 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Perlambatan pertumbuhan KPR diakui terjadi di bank pelat merah ini.

Susatyo menyebut perlambatan dialami Bank Mandiri karena adanya pergeseran pasar penyaluran KPR, meski jumlah nasabah yang dilayani tetap tumbuh positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper