Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

IBEX 2019: Catatan Jokowi untuk Industri Perbankan di Tanah Air

Presiden Jokowi memberikan catatan khusus kepada industri perbankan di Tanah Air, mulai dari inklusi keuangan, pembiayaan, hingga suku bunga.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 06 November 2019  |  12:36 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan dihadapan pimpinan bank umum di Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/3/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan dihadapan pimpinan bank umum di Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/3/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Jokowi memberikan catatan khusus kepada industri perbankan di Tanah Air, mulai dari inklusi keuangan, pembiayaan, hingga suku bunga.

Pertama, Jokowi meminta sektor keuangan, termasuk perbankan, untuk fokus mem-back-up ke sektor-sektor yang menjadi agenda besar negara, seperti pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur.

"Sudah disampaikan ke BKPM juga, jika ada investasi, berikan pertama ke swasta, jika swasta tidak siap, berikan ke BUMN, jika tidak mau baru diambil pemerintah lewat APBN. Tapi, backup dari sektor keuangan sangat penting sekali dalam menjalankan agenda utama negara," katanya dalam pembukaan acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019, Rabu (6/11/2019).

Kedua, Jokowi meminta perhatian dan upaya dari sektor perbankan secara serius untuk meningkatkan inkluasi keuangan. Dalam hal ini, sektor perbankan harus lebih gencar menyalurkan kredit ke sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ketiga, sektor perbankan diminta memikirkan secara serius untuk menurunkan suku bunga kredit dalam merespon pemangkasan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia (BI) yang telah dilakukan sejak Juli lalu sebesar menjadi 5%.

"Saya mengajak memikirkan untuk secara serius menurunkan suku bunga kredit. BI rate sudah turun, bank belum. Saya tunggu," tuturnya.

Keempat, Jokowi menyebut sektor jasa keuangan harus bersiap dalam menghadapi persaingan yang semakin sengit, utamanya di era digitalisasi saat ini. Imbuhnya, sistem pembayan digital harus terus dikembangkan, serta sektor perbankan dan non-bank diminta untuk menjalin kolaborasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi ibex
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top