5 Terpopuler Finansial, Nasib Transaksi Kartu dan Nasib Nasabah Bumiputera

Tren digital savvy yang semakin banyak mendapatkan kemudahan bertransaksi secara nontunai mulai menggerus transaksi berbasis kartu menjadi berita terpopuler di kanal Finansial Bisnis.com pada Selasa (11/2/2020).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  20:03 WIB
5 Terpopuler Finansial, Nasib Transaksi Kartu dan Nasib Nasabah Bumiputera
Ilustrasi - Lifehacker

1. Meramal Masa Depan Transaksi Bank Berbasis Kartu

Tren digital savvy yang semakin banyak mendapatkan kemudahan bertransaksi secara nontunai mulai menggerus transaksi berbasis kartu.

Secara industri, Bank Indonesia mencatat volume transaksi menggunakan kartu ATM dan ATM dan debit pada 2019 tercatat tumbuh 9,67 persen yoy, melambat dibandingkan dengan 2018 yang tumbuh 12,54 persen.

Baca berita lengkapnya di sini.

2. Bank Indonesia Dorong Masyarakat Tangkap Potensi Ekonomi Digital

Layanan dalam jaringan dipercaya menjadi sumber pertumbuhan baru ekonomi Indonesia.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengatakan pertumbuhan dagang elektronik terhadap ritel meningkat dua kali lipat dalam 4 tahun terakhir. Kontribusi ekonomi ini tumbuh dari 7,4 persen pada 2015 menjadi sebesar 14,1 persen di 2019.

Baca berita lengkapnya di sini.

3. Kasus Bumiputera, Gamang Nasabah Mengiur Premi

Masalah keuangan yang dialami oleh Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera, membuat para nasabah khawatir akan premi yang dibayarkan secara rutin menjadi hilang.

Riyan Nofitra, nasabah asuransi pendidikan Bumiputera asal Pekanbaru, mengaku memasuki awal 2020 dirinya tidak membayar premi yang seharusnya dilakukan setiap tiga bulan.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Minat Buka Deposito di Bank Besar? Cek Bunga Yang Ditawarkan

Di tengah penurunan suku bunga acuan, deposito masih menjadi salah satu instrumen investasi yang dilirik.

Pasalnya, simpanan deposito di bank cenderung aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), selama bunga yang diberikan tidak melebihi tingkat bunga penjaminan dan nilai simpanan tidak lebih dari Rp2 miliar.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Luruskan Putusan Fidusia, OJK Gandeng Kemenkumham

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menggandeng Kementerian Hukum dan HAM, untuk meluruskan dampak putusan Fidusia oleh Mahkamah Konstitusi (MK) ke tengah masyarakat.

Kepala Departemen Pengawasan IKNB OJK Bambang W. Budiawan menjelaskan pihaknya mengaku ada kesalahan persepsi di masyarakat setelah keluanya putusan MK tentang Fidusia.

Baca berita lengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Berita Terpopuler

Editor : Surya Rianto
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top