Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengembalian Dana Nasabah Jiwasraya, OJK : Penyelesaian Menunggu Hasil Audit

OJK meminta para pemegang polis Jiwasraya percaya upaya pengembalian dana milik nasabah sedang diupayakan oleh otoritas.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  17:00 WIB
Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo.  - Bisnis.com
Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan atau OJK meminta para pemegang polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) untuk percaya upaya pengembalian dana nasabah sedang dilakukan.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo menjelaskan bahwa  otoritas bersama seluruh pihak siap bertanggung jawab jika memang terdapat kesalahan. Otoritas juga telah menyampaikan penjelasan menyeluruh kepada nasabah bahwa kondisi perusahaan telah bermasalah semenjak 2004. 

"Yang kami harapkan, percayakan kepada pemerintah, OJK, Kementerian Keuangan, dan instansi audit. Yakinkanlah bahwa pemerintah bekerja untuk itu, saya yakinkan hampir setiap minggu antar Kementerian selalu bertemu untuk memikirkan dan mencari solusi," ujar Anto melalui sambungan telepon, setelah  menemui para pemegang polis JS Plan Jiwasraya di Kantor OJK, Rabu (12/2/2020).

Anto menjelaskan bahwa otoritas saat ini sedang melakukan audit investigasi terhadap Jiwasraya. Sejalan dengan proses hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung.

"Biarkan mereka bekerja dan bisa menilai seberapa nanti. OJK harus menanggung kesalahan tersebut. Pemilik harus menanggung [kesalahan], kemudian dari pengurus [manajemen Jiwasraya], siapa yang kemudian harus menanggung kesalahan," ujar Anto.

Anto pun menegaskan bahwa otoritas telah menampung seluruh aspirasi dari pemegang polis dalam pertemuan tersebut. Seluruh catatan tersebut akan disampaikan kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham utama Jiwasraya.

Menurutnya, aspirasi nasabah tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi pemerintah, melalui Kementerian BUMN, untuk mengambil langkah yang tepat terkait penyehatan Jiwasraya sehingga dana nasabah dapat segera kembali ke tangan mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ojk jiwasraya
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top