Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jual Astra Life, Aviva Keluar dari Indonesia

Aviva telah berjuang semenjak 1990 atau 30 tahun terakhir untuk memenangkan pasar asuransi jiwa di Indonesia dengan bendera awal Asuransi Winterthur Indonesia
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 08 Maret 2020  |  11:50 WIB
Jual Astra Life, Aviva Keluar dari Indonesia
Ilustrasi - JIBI/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aviva Plc, raksasa asuransi yang mencatatkan sahamnya di Inggris mengumumkan menjual kepemilikan sahamnya di Indonesia.

Aviva memiliki 50 persen saham PT Astra Aviva Life. Sedangkan 50 persen lainnya dimiliki oleh PT Astra International Tbk. (ASII). Perusahaan patungan ini baru berdiri pada 2014 lalu.

“Transaksi ini diperkirakan akan selesai pada kuartal IV/2020,” jelas Sarah Swailes, Group Financial and Corporate Communications Aviva dalam keterangan resminya, yang dikutip Minggu, (8/3/2020).

Lebih lanjut disebutkan pembeli kepemilikan Aviva adalah Astra Internasional (ASII). Aviva juga memutuskan tidak memperpanjang investasinya di Indonesia. Perusahaan akan keluar dengan seluruh dana yang diraihnya dari penjualan ini. Meski begitu perusahaan tidak menyebutkan besaran nilai penjualan dalam transaksi ini.

Dalam catatan Bisnis, kongsi resmi Aviva dan Astra baru berjalan 5 tahun 6 bulan. Perusahaan patungan ini memperoleh izin pada Agustus 2014 meski nota kesepahaman bisnis dimulai semenjak Januari 2014.

Meski baru 2014 bernama Astra Aviva Life, grup Aviva, asuransi raksasa dari Inggris ini telah ada di Tanah Air semenjak 1990 dengan nama PT Asuransi Winterthur Indonesia. Perusahaan kemudian memperpebesar porsi kepemilikan hingga 60 persen dengan mengakuisisi kepemilikan PT Asuransi Wahana Tata pada 2010.

Selanjutnya perusahan patungan ini bersalin rupa menjadi Astra Aviva Life dengan porsi kepemilikan sama besar antara Astra dan Aviva. Setelah berjuang selama 30 tahun, Aviva akhirnya memutuskan keluar dari pasar asuransi Indonesia.

Sebelumnya pada 2019 lalu, di bawah CEO baru, Aviva mengumumkan memangkas 1.800 karyawannya. Selanjutnya perusahaan akan meninjau bisnis asuransi umum dan asuransi jiwa milik perusahaan serta prosepek bisnisnya ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top