Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aviva Lepas Astra Life, Begini Penjelasan Astra (ASII)

Astra meyakini memiliki 100 persen saham Astra Life merupakan keputusan terbaik untuk kepentingan pemegang saham
logo Astra Life
logo Astra Life

Bisnis.com, JAKARTA – PT Astra Internasional Tbk. (ASII) akan menggenggam 100 persen saham PT Astra Aviva Life (Astra Life).

Boy Kelana, Head of Corporate Communications Astra menyebutkan pihaknya terus meninjau secara regular strategi investasi portofolio. Setiap kebijakan yang diambil oleh manajemen merupakan langkah terbaik yang dapat diberikan untuk kepentingan para pemegang saham.

“Kami yakin industri asuransi jiwa memiliki prospek positif di Indonesia,” kata Boy, Minggu (8/3/2020).

Boy menyebutkan pihaknya tidak dapat memberikan pandangan atas keputusan Aviva menjual sahamnya di Indonesia. “Kami tidak pada posisi untuk memberikan pandangan terkait strategi Aviva,” katanya.

Astra Life merupakan perusahaan patungan antara grup Astra dan Grup Aviva dari Inggris. Dua raksasa keuangan ini menguasai saham perusahaan dengan komposisi sama besar yakni 50:50. Perusahaan patungan ini resmi beroperasi pada Agustus 2014 lalu.

Sebelumnya, pada Jumat (6/3/2020) waktu Inggris, Aviva Plc, mengumumkan akan melepas seluruh sahamnya di Astra Life. Pelepasan ini sekaligus membuat perusahaan keluar dari Indonesia.

“Transaksi ini diperkirakan akan selesai pada kuartal IV/2020,” jelas Sarah Swailes, Group Financial and Corporate Communications Aviva dalam keterangan resminya, yang dikutip Minggu, (8/3/2020).

Lebih lanjut disebutkan pembeli kepemilikan Aviva adalah Astra Internasional (ASII). Aviva juga memutuskan tidak memperpanjang investasinya di Indonesia. Perusahaan akan keluar dengan seluruh dana yang diraihnya dari penjualan ini. Meski begitu perusahaan tidak menyebutkan besaran nilai penjualan dalam transaksi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper