Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jejak Ekspansi Korea Selatan ke Perbankan Nasional

Tidak hanya Kookmin yang memiliki saham di Bank Bukopin, beberapa investor Korea Selatan juga telah berekspansi di sektor perbankan nasional.
Logo Bank Hana/hanabank.co.id
Logo Bank Hana/hanabank.co.id

Bank Hana

Pada Senin (15/6/2020), perseroan mengumumkan perubahan merek dari Bank KEB Hana menjadi Bank Hana. Bank ini merupakan bank Korea Selatan pertama di Tanah Air.

Nama resmi Bank Hana adalah PT Bank KEB Hana Indonesia. Dikutip dari website resmi, perusahaan ini didirikan dengan nama PT Bank Pasar Pagi Madju pada 1974.

Seiring dengan perubahan status dari bank pasar menjadi bank umum, nama Bank Pasar Pagi Madju berubah menjadi PT Bank Bintang Manunggal (Bank Bima) pada 1989.

Pada 2007, Hana Financial Group mengakuisisi Bank Bima sehingga berubah menjadi PT Bank Hana sesuai Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 10/20/KEP.BI/2008 tanggal 18 Maret 2008.

Bank Hana kemudian melakukan penggabungan usaha dengan PT Bank KEB Indonesia pada 2013 sehingga berubah menjadi PT Bank KEB Hana.

Selanjutnya pada 2014, nama PT Bank KEB Hana diubah menjadi PT Bank KEB Hana Indonesia dan disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan No.13/KDK.03/2014 tanggal 27 Juni 2014 tentang Penetapan Penggunaan Izin Usaha Atas Nama PT Bank Hana menjadi Izin Usaha Atas Nama PT Bank KEB Hana Indonesia.

Pemegang saham perusahaan yakni Bank KEB Hana Korea 69,01 persen, LINE Financial 20 persen, International Finance Corporation (IFC) 9,98 persen, dan 1,01 persen adalah milik perseorangan.

Bank Hana di Indonesia saat ini memiliki jaringan sebanyak 59 kantor layanan di seluruh Indonesia. Tak hanya di ATM milik perusahaan, Bank Hana juga dapat diakses di lebih dari 120 ribu ATM PRIMA, lebih dari 1,9 juta ATM dalam jaringan VISA, serta lebih dari 80 ribu ATM Bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper