Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lanjutkan Aksi Korporasi, Ini Ambisi Zurich Di Indonesia

Zurich berencana untuk mengkonversi salah satu entitas usahanya, PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) menjadi perusahaan asuransi umum Syariah di Tanah Air.
Karyawati mengoperasikan ponsel pintar di dekat logo Zurich Insurance Indonesia di Jakarta, Senin (29/5)./JIBI-Dwi Prasetya
Karyawati mengoperasikan ponsel pintar di dekat logo Zurich Insurance Indonesia di Jakarta, Senin (29/5)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Menyusul kesuksesan akuisisi 80 persen saham PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) oleh Zurich Insurance Group (Zurich) pada November 2019, perusahaan berencana untuk mengkonversi salah satu entitas usahanya, PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) menjadi perusahaan asuransi umum Syariah di Tanah Air.

CEO ZII Hilman Simanjuntak mengatakan, rencana yang bakal menjadikan Zurich sebagai perusahaan asuransi umum syariah multinasional di Indonesia itu, saat ini sedang menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

Sementara itu, lanjutnya, akuisisi Adira Insurance tersebut menunjukan komitmen jangka panjang Zurich untuk memperkuat skala bisnis dan keberadaannya di Indonesia.  Menurutnya, Indonesia adalah pasar yang penting bagi Zurich.

"Kami memiliki ambisi untuk mengembangkan dan memperkuat unit bisnis asuransi Syariah, umum, dan jiwa kami di Indonesia," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers yang dikutip,  Minggu (28/6/2020).

Hilman mengatakan, sejalan dengan komitmen tersebut, konversi menjadi perusahaan asuransi umum Syariah akan memberikan peluang bagi Zurich untuk memberikan serangkaian produk dan solusi yang dapat memenuhi perkembangan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Dia juga menyatakan sangat antusias dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri keuangan Syariah di Indonesia melalui rencana konversi tersebut. 

“Zurich terus berusaha untuk berinovasi dan berinteraksi dengan nasabah kami untuk memberikan layanan terbaik. Guna mengikuti perkembangan perilaku konsumen, kami akan mengembangkan produk dan solusi yang bisa diakses baik secara digital maupun jalur distribusi konvensional," terangnya.

Perusahaan asuransi umum Syariah dari Zurich ini diharapkan dapat beroperasi di tahun 2021 dengan nama perusahaan PT Zurich General Takaful Indonesia (ZGTI). 

Setelah konversi ini dilakukan, nasabah ZII bisa memilih untuk memperbarui kontrak polis mereka untuk produk asuransi umum konvensional dengan Adira Insurance atau mengganti kontrak polis mereka menjadi polis asuransi umum Syariah dengan ZGTI.  

Zurich Indonesia saat ini memasarkan solusi asuransi jiwa melalui  PT Zurich Topas Life (ZTL) dan asuransi umum melalui Adira Insurance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper