Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak! Ini Cara Aktivasi PIN Kartu Pembiayaan BNI Syariah Hasanah Card

Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi mengatakan mayoritas pemegang kartu kredit syariah Hasanah Card telah menggunakan PIN untuk keamanan dan kenyamanan bertransaksi.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 06 Juli 2020  |  21:02 WIB
Kartu BNI ib Hasanah Card Special Design Lombok. - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Kartu BNI ib Hasanah Card Special Design Lombok. - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Mulai 1 Juli 2020, setiap pengguna kartu kredit / kartu pembiayaan syariah wajib menggunakan PIN (Personal Identification Number) saat melakukan transaksi.

Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi mengatakan mayoritas pemegang kartu pembiayaan syariah Hasanah Card telah menggunakan PIN untuk keamanan dan kenyamanan bertransaksi.

Penggunaan PIN untuk transaksi kartu pembiayaan bertujuan untuk memudahkan dan meningkatkan keamanan transaksi nasabah dibandingkan dengan tanda tangan. Semua transaksi kartu yang tidak menggunakan autentikasi PIN mulai 1 Juli akan ditolak oleh mesin Electronic Data Capture (EDC) di merchant.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada nasabah yang mendukung upaya memberikan layanan yang aman dan nyaman sesuai dengan arahan Bank Indonesia," katanya dalam keterangan resmi, Senin (6/7/2020).

Kewajiban menggunakan PIN 6 digit dan tidak lagi memakai tanda tangan untuk autentikasinya pada seluruh transaksi kartu kredit di merchant mesin Electronic Data Capture (EDC), berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia No.16/25/DKSP tanggal 31 Desember 2014 tentang penyelenggaraan kegiatan alat pembayaran dengan menggunakan kartu.

Bagi nasabah yang belum menggunakan PIN, BNI Syariah menyiapkan dua cara aktivasi PIN Hasanah Card. Berikut langkah-langkahnya:

1. Melalui pengiriman SMS ke 3346
- Untuk permintaan PIN Hasanah Card kartu utama, ketik: RPIN [spasi] 16 digit nomor Hasanah Card kartu utama [spasi] tanggal lahir pemegang kartu utama (ddmmyyyy).
? Untuk permintaan PIN kartu tambahan, ketik: RPIN [spasi] 16 digit nomor Hasanah Card kartu tambahan [spasi] tanggal lahir pemegang kartu utama (ddmmyyyy).

RPIN adalah request personal identification number. Setelah melakukan SMS ke 3346, nasabah akan mendapatkan PIN 6 digit yang baru dan bisa mengubah PIN sesuai angka yang diinginkan di mesin ATM BNI terdekat. Permintaan PIN 6 digit Hasanah Card melalui SMS hanya dapat dilakukan dengan nomor ponsel pemegang kartu utama yang telah terdaftar pada sistem, baik permintaan untuk PIN kartu utama maupun PIN kartu tambahan.

2. Dengan menghubungi layanan 24 jam BNI call 1500046
BNI Syariah menyarankan nasabah untuk segera melakukan update data nomor ponsel ke layanan 24 Jam BNI Call 1500046.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah perbankan bni syariah
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top