Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMF Beri Pinjaman Rp500 Miliar untuk KPR Syariah Bank DKI

Pinjaman ini merupakan bagian sinergi perseroan dan Bank DKI dalam mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
Logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)./Istimewa
Logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) mengalirkan pembiayaan untuk KPR Syariah atau KPR iB PT Bank DKI Jakarta.

Pinjaman untuk pemulihan ekonomi di sektor perumahan Jakarta senilai Rp500 miliar ini diberikan dengan skema replacement financing menggunakan akad Mudharabah Muqayyadah kepada Bank DKI.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menjelaskan bahwa pinjaman ini merupakan bagian sinergi perseroan dan Bank DKI dalam mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Sekaligus memperluas akses pemilikan rumah yang layak dan terjangkau untuk para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi DKI Jakarta," jelas Ananta dalam keterangannya kepada Bisnis, Senin (14/9/2020).

Selain itu, Ananta menjelaskan bahwa perjanjian ini juga bentuk dukungan SMF dalam peningkatan likuiditas bank penyalur KPR, khususnya bank pembangunan daerah (BPD) agar dapat terus terjaga.

Ananta berharap hal tersebut dapat memacu BPD untuk memaksimalkan kemampuannya dalam mendorong pertumbuhan kredit yang tengah terdampak pandemi Covid-19.

Oleh karena itu SMF mengajak kepada BPD lainnya, di samping Bank DKI untuk dapat berkolaborasi bersama SMF lagi dalam menggerakan sektor perumahan di masa pandemi dan new normal.

"Sebagaimana diketahui, sektor perumahan memiliki 170 lebih industri turunan, sehingga diharapkan dapat membantu mendorong pemulihan ekonomi nasional. Kami optimis ke depan sinergi antara kedua belah pihak akan terjalin semakin baik," tambahnya.

Menurut rencana, kerja sama ini akan dilanjutkan dengan sinergi pengaplikasian Electronic Mortgage Management System (EMMS) untuk mendorong efektivitas Bank DKI dalam melakukan originasi KPR iB yang disalurkan, serta Program Capacity Building untuk mendukung peningkatkan kapasitas personel dalam penyaluran KPR iB.

"Dengan penyaluran pinjaman senilai Rp500 miliar ini, maka total penyaluran pinjaman yang telah disalurkan oleh SMF dengan akad syariah kepada bank penyalur KPR sejak Januari 2020 hingga saat ini telah mencapai Rp3,95 triliun," tutup Ananta.

Mewakili Bank DKI yang menandatangani penerimaan pinjaman ini, Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan SMF kepada Bank DKI.

Dia menyebutkan bahwa pembiayaan ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara BUMN dan BUMD. Selain itu, Babay juga menyebut bahwa model pembiayaan ini dapat diterapkan SMF dengan BPD lain di masing-masing daerah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper