Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Masuk List Transaksi Janggal versi FinCEN Files, Bank Panin Buka Suara

Dikutip dari laman ICIJ, ada 19 bank di Indonesia yang menjadi sarana lalu lintas transaksi yang diduga mencurigakan itu.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 22 September 2020  |  19:16 WIB
Bank Panin - panin.co.id
Bank Panin - panin.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Dokumen FinCEN Files menandai ada 496 transaksi yang mengalir ke atau dari bank di Indonesia sebagai transaksi yang berpotensi mencurigakan.

Dikutip dari laman ICIJ, ada 19 bank di Indonesia yang menjadi sarana lalu lintas transaksi yang diduga mencurigakan itu.

Ada bank swasta dan pemerintah. Misalnya, Panin Bank yang terekam ada 19 transaksi dengan pengiriman dana dari bank ini yang diidentifikasi FinCEN sebagai transaksi mencurigakan senilai US$5,43 juta.

Presiden Direktur PT Bank Panin Tbk. Herwidayatmo menyampaikan Bank Panin sebagai lembaga jasa keuangan yang memiliki tugas melaksanakan proses pencegahan, identifikasi dan pelaporan dalam rangka mendukung penegakan program Anti Pencucian Uang dan Pendanaan Pembiayaan Terorisme, senantiasa melaksakan fungsinya sejalan dengan arahan dari regulator baik OJK maupun PPATK.

Dia mengatakan saat ini Bank Panin belum memiliki langkah-langkah khusus terkait laporan tersebut. Perseroan bersikap menunggu arahan lebih lanjut dari regulator.

"Langkah-langkah khusus belum ada dari Bank Panin, karena ini baru berita online yang belum dikonfirmasi oleh regulator, maka Bank Panin bersikap menunggu arahan lebih lanjut dari regulator," ujarnya saat dihubungi, Selasa (22/9/2020).

Dia melanjutkan, dalam menjalankan operasional perbankan, perseroan senantiasa menerapkan prinsip Know Your Customer (KYC), dimana sistem yang ada senantiasa diaudit dan diawasi oleh regulator.

Bank Panin juga senantiasa melaporkan laporan transaksi keuangan tunai (LTKT), laporan transaksi mencurigakan (LTKM) dan laporan transaksi dari dan ke luar negeri (LTKL) sesuai ketentuan yang berlaku.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank panin Transaksi Mencurigakan fincen files
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top