Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Waduh! Corona Gerus Pendapatan Bisnis Transaksi Bank Global

Bisnis pembayaran yang biasanya tumbuh cepat dalam 5 tahun terakhir pun mulai terkontraksi karena penjagaan jarak fisik dan pembatasan aktivitas masyarakat.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 04 Oktober 2020  |  11:58 WIB
Ilustrasi Bank - Istimewa
Ilustrasi Bank - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- McKinsey & Company Financial Service memperkirakan pendapatan bisnis transaksi perbankan global akan turun 7 persen tahun ini.

Dalam Laporan Pembayaran Global 2020 (3/10/2020), McKinsey menyebutkan krisis kesehatan tahun ini telah membuat pendapatan bisnis transaksi dalam enam bulan pertama 2020 turun sekitar 22 persen dibandingkan dengan enam bulan pertama tahun 2019.

Perusahaan ini memperkirakan pendapatan bisnis ini secara global pada 2020 akan menjadi US$140 miliar lebih rendah 7 persen dari tahun lalu.

"Perubahan ini 11 persen hingga 13 persen di bawah proyeksi pendapatan prapandemi kami untuk tahun 2020," sebutnya, dalam laporan tersebut.

McKinsey menyebutkan kinerja bisnis transaksi tahun ini sangat kontras dengan tahun sebelumnya yang relatif stabil.

Bisnis pembayaran yang biasanya tumbuh cepat dalam 5 tahun terakhir pun mulai terkontraksi karena penjagaan jarak fisik dan pembatasan aktivitas masyarakat.

Pelaku usaha pun mengambil lanbgkah antisipasi dan perubahan kausal dalam menghadapi perilaku konsumen tersebut.

Jika menyelisik lebih dalam, kategori pengeluaran perjalanan dan hiburan mendapat tekanan terparah dengan tren penurunan 80 persen hingga 90 persen pada paruh pertama tahun ini.

"Namun, beberapa kategori pengeluaran mulai menunjukkan tren pemulihan, dan bahkan percepatan pergeseran pola konsumsi ke perdagangan digital menyebabkan berkurangnya penggunaan uang tunai, dan pendapatan bisnis transaksi," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan transaksi mckinsey
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top