Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

FIF Group Optimistis Permintaan Kredit Berpotensi Naik Akhir 2020

Kendati pandemi Covid-19 masih melanda, tren pada akhir tahun yang biasa menjadi periode 'langganan' meningkatnya permintaan pembiayaan, masih akan tetap ada.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  22:10 WIB
Pekerja beraktifitas di dekat logo FIF Group, Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Pekerja beraktifitas di dekat logo FIF Group, Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Federal International Finance Group (FIF Group) optimistis tren peningkatan permintaan pembiayaan yang biasanya selalu naik pada akhir tahun, masih akan tetap terjadi pada kuartal terakhir 2020, kendati pandemi Covid-19 masih melanda.

Direktur Utama FIF Group Margono Tanuwijaya mengungkapkan hal tersebut menjadi alasan yang membuat perusahaan pembiayaan ramai-ramai meningkatkan pemasaran demi memperkenalkan produk-produknya ke masyarakat pada kuartal IV/2020. 

Bagi FIF Group sendiri, akhir tahun ini menjadi momentum berinovasi. Hal ini berlaku untuk lini bisnis utamanya, yakni FIF Astra (pembiayaan sepeda motor), serta SPEKTRA (pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga), DANASTRA (pembiayaan multiguna) serta AMITRA (pembiayaan syariah).

"Potensi pasti ada, karena setelah turun dalam [akibat pandemi], sekarang ini terlihat mulai naik. Tentunya harapannya ini terus bertahap, walaupun belum stabil dan baru 60 persen dari kondisi normal seperti 2019, masih jauh," ujarnya kepada Bisnis, Senin (12/10/2020).

Menurut Margono, salah satu langkah yang kini tengah ditempuh pihaknya yakni berpartisipasi dalam penyelenggaraan pameran digital. Selain itu, FIF Group juga memperkenalkan produk-produk pembiayaan lain lewat cross sales kepada para nasabah existing, yang pun diharapkan bisa mengoptimalkan semua lini bisnis pembiayaan FIF Group.

Harapannya, dengan optimalisasi ini, kinerja penyaluran FIF Group tak merosot jauh dibandingkan perolehan 2019 lalu, di angka Rp40 triliun, naik sekitar 9 persen dari posisi 2018 senilai Rp36 triliun lebih.

"Pembiayaan tahun 2020 ini proyeksi kita pembiayaan Rp30 triliun saja. Di mana 67 persen masih dari FIF Astra atau sepeda motor baru. Multiguna kita proyeksi mengambil porsi 27 persen, sisanya pembiayaan dari SPEKTRA," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan kredit fif group
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top