Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRI Agroniaga (AGRO) dan Modal Rakyat Jalin Kerja Sama Pembiayaan UMKM

Modal Rakyat memiliki kemampuan untuk menghadirkan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses pinjaman kepada para pelaku UMKM, selain itu kerja sama ini dapat memperkuat ekosistem ekonomi digital yang sudah ada
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 05 November 2020  |  12:53 WIB
Direktur Utama Modal Rakyat Hendoko (kedua kiri) dan Direktur BRI Agro Ebeneser Girsang (kedua kanan) berjabat tangan dalam peresmian kerja sama di Jakarta, Kamis (5/11/2020).  - Dok. Modal Rakyat
Direktur Utama Modal Rakyat Hendoko (kedua kiri) dan Direktur BRI Agro Ebeneser Girsang (kedua kanan) berjabat tangan dalam peresmian kerja sama di Jakarta, Kamis (5/11/2020). - Dok. Modal Rakyat

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten perbankan BRI Agroniaga (AGRO) resmi menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi finansial (tekfin) PT Modal Rakyat Indonesia. Bertujuan mengoptimalkan diversifikasi pembiayaan UMKM, kerja sama ini ditandai dengan rencana penyaluran dana tahap awal ke UMKM senilai Rp50 miliar.

“Modal Rakyat memiliki kemampuan untuk menghadirkan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses pinjaman kepada para pelaku UMKM, selain itu kerja sama ini dapat memperkuat ekosistem ekonomi digital yang sudah ada,” tutur Direktur Utama AGRO, Ebeneser Girsang dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Kamis (5/11).

Pembiayaan awal tersebut rencananya akan dimaksimalkan ke pelaku UMKM yang sudah terdaftar di platform Modal Rakyat. Batas penyaluran dipatok maksimal Rp2 miliar per pinjaman.

Meski AGRO merupakan entitas yang berfokus ke sektor agrikultur, kedua pihak menggarisbawahi bahwa pinjaman tidak akan dibatasi ke pelaku UMKM di satu sektor itu saja. Sektor lain seperti logistik, konstruksi, kesehatan hingga teknologi juga bisa menjadi penerima pinjaman.

Direktur Utama Modal Rakyat Hendoko tidak kalah merespons positif perjanjian kerja sama dengan AGRO.

"Dengan Dukungan BRI Agro ini, kami semakin memantapkan diri dan yakin pada model bisnis kami sebagai aggregator modal kerja untuk para UMKM yang membutuhkan. Bersama dengan dukungan perbankan sebagai institusi keuangan yang lebih dewasa, niscaya mimpi Modal Rakyat membantu terwujudnya inklusi keuangan di Indonesia semakin cepat tercapai," papar Handoko.

Berdiri sejak 2018, Modal Rakyat tercatat telah berhasil menyalurkan pembiayaan senilai Rp640 miliar. Portofolio penyaluran mayoritas menyasar UMKM dengan estimasi penerima lebih dari 20.000 usaha.

Bila dijabarkan secara sektoral, mayoritas penerima pembiayaan dari Modal Rakyat berasal dari sektor usaha teknologi yakni 47 persen, disusul sektor perdagangan 29 persen. Hendoko berharap ke depan akan lebih banyak lagi sektor yang dapat diakomodir Modal Rakyat, terutama dalam rangka mendorong digitalisasi pelaku UMKM di Indonesia. 

"Kami berharap dengan dukungan pembiayaan dari BRI Agro ini, kami bisa terus meningkatkan porsi portofolio pembiayaan kami kepada para pelaku digital platform seperti yang sudah kami tekuni selama 12 bulan terakhir," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kredit bri umkm bri agro
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top