Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minggu Kedua November, Saham dan SBN Dibanjiri Modal Asing. Ini Catatan BI!

Data BI menunjukkan nonresiden membukukan beli neto di pasar SBN sebesar Rp4,71 triliun, sementara beli neto di pasar saham sebesar Rp2,47 triliun. Dengan demikian, totalnya mencapai Rp7,18 Triliun.
Kantor Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Kantor Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran masuk modal asing atau capital inflow baik di pasar surat berharga negara (SBN) dan pasar saham mencapai Rp7,18 triliun pada minggu kedua November.

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko merincikan, nonresiden dengan beli neto di pasar SBN mencapai Rp4,71 triliun, sementara beli neto di pasar saham sebesar Rp2,47 triliun.

"Berdasarkan data transaksi 9-12 November 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik beli neto Rp7,18 triliun," katanya dalam siaran pers, Jumat (13/11/2020).

Adapun, berdasarkan data setelmen selama 2020, BI mencatat nonresiden di pasar keuangan domestik jual neto mencapai Rp145,75 triliun.

Dalam laporan perkembangan indikator stabilitas nilai Rupiah, BI mencatat nilai tukar rupiah stabil dengan dibuka pada level Rp14.140 per dolar Amerika Serikat (AS) pada Jumat pagi (13/11/2020).

Sebelumnya, Rupiah ditutup pada level yang sama, Rp14.140 per dolar AS, pada Kamis (12/11/2020).

Onny menyampaikan bahwa BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

BI juga akan terus memperkuat langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper