Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Butuh Kredit Tanpa Agunan? Ini Syarat Pinjam di BCA, BNI, dan CIMB Niaga

Terdapat beberapa bank yang menawarkan produk KTA, di antaranya BCA, BNI, dan CIMB Niaga. Apa saja persyaratannya?
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 07 Desember 2020  |  08:57 WIB
Nasabah berbicara dengan karyawan melalui Video Banking di salah satu Kantor Cabang Bank BCA di Jakarta, Rabu (23/9/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Nasabah berbicara dengan karyawan melalui Video Banking di salah satu Kantor Cabang Bank BCA di Jakarta, Rabu (23/9/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kebutuhan yang mendesak terkadang menghampiri dan membuat pengajuan kredit menjadi alternatif bagi sejumlah orang.

Kredit tanpa agunan (KTA) pun dapat menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak dan menyesuaikan kemampuan.

Terdapat beberapa bank yang menawarkan produk KTA ini, di antaranya PT Bank Central Asia Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Berikut persyaratan untuk mendapatkan KTA dari ketiga bank tersebut, yang Bisnis rangkum dari website masing-masing perusahaan:

BCA


BCA menyediakan produk KTA dengan nama BCA Personal Loan. Produk ini merupakan pinjaman tanpa agunan yang dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan customer, di mana pembayarannya dapat diangsur per bulan dengan tenor yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan bayar customer.

Anda bisa mengajukan fasilitas pinjaman BCA Personal Loan untuk keperluan pendidikan, kesehatan, pernikahan, liburan, renovasi, atau kebutuhan rumah tangga.

Plafon kredit tersedia dari Rp5 juta hingga Rp100 juta dengan tenor 12,24, dan 36 bulan. Suku bunga yang ditawarkan antara 1 persen hingga 1,07 persen per bulan.

Syarat jika ingin mengajukan KTA di BCA, yaitu:
- WNI berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogya-Solo, Surabaya, Medan, Batam, Palembang, Bali dan Makassar
- Pemegang kartu BCA
- Karyawan tetap, wiraswasta, atau profesional dengan masa kerja minimum 2 tahun
- Minimal penghasilan/bulan Rp 2.500.000,- (untuk Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Batam)
Minimum penghasilan/bulan Rp. 2.000.000,- (untuk daerah lainnya)
- Berusia antara 21 – 55 tahun (pada saat fasiltas BCA Personal Loan lunas)

Dokumen pendukung antara lain formulir aplikasi BCA personal loan, fotokopi KTP, slip gaji terakhir, fotokopi rekening 3 bulan terakhir, fotokopi kartu kredit bolak balik, dan NPWP khusus pengajuan mulai dari Rp50 juta.

BNI


BNI memiliki produk KTA dengan nama BNI Fleksi yang merupakan fasilitas untuk pegawai aktif yang mempunyai penghasilan tetap (fixed income).

BNI Fleksi bisa digunakan untuk keperluan konsumtif yang tidak bertentangan dengan peraturan maupun Undang-Undang yang berlaku.

Selain tanpa agunan, BNI Fleksi memiliki maksimum plafon kredit sampai dengan Rp500 juta dan tenor hingga 15 tahun.

Syarat pengajuan KTA BNI Fleksi, yaitu:
- Warga Negara Indonesia.
- Merupakan pegawai aktif dengan level minimal staff (pegawai tetap).
- Telah menyalurkan fasilitas pembayaran payroll di BNI.
- Usia minimum 21 tahun dan maximum 65 tahun saat kredit lunas yang dibuktikan dengan Surat Keterangan/Surat Keputusan dari Instansi/Perusahaan yang berwenang.
- Melengkapi form aplikasi dan dokumen yang ditetapkan.

Adapun persyaratan dokumen antara lain fotokopi KTP pemohon, fotokopi NPWP pribadi/SPT PPh 21, rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir, slip gaji terakhir, pas foto 4x6, surat keterangan masa kerja, dan surat pernyataan tidak akan memindahkan payroll sampai kredit lunas (khusus debitur yang pembayaran gajinya melalui BNI).

CIMB Niaga


CIMB Niaga mempunyai produk KTA bernama Xtra Dana untuk berbagai keperluan nasabah, seperti renovasi rumah, pendidikan, pernikahan, liburan, dan kebutuhan lainnya.

Nasabah yang bisa mengajukan KTA di CIMB Niaga adalah yang memenuhi kriteria WNI berdomisili di Indonesia dan berusia 21 hingga 55 tahun (usia termasuk jangka waktu pinjaman).

Persyaratan dokumen yang diperlukan antara lain aplikasi permohonan, fotokopi KTP, slip gaji asli terbaru, fotokopi kartu kredit (untuk nasabah kartu kredit bank lain), dan fotokopi NPWP untuk pengajuan di atas Rp50 juta.

Bunga KTA Xtra Dana sebesar 0,99 persen per bulan hingga 1,59 persen per bulan. Layanan pengajuan aplikasi bisa lewat semua cabang, call center atau website CIMB Niaga.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca bni kredit cimb niaga Kredit Tanpa Agunan
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top