Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Posisi Dirut Bank Permata Kosong, Ridha Wirakusumah Diganti Bankir Swasta?

Ekonom senior Aviliani yang Ketua Bidang Kajian dan Pengembangan Perbanas Aviliani menyampaikan Bank Permata merupakan bank swasta yang dikendalikan oleh asing.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  09:08 WIB
Nasabah bertransaksi di banking hall Bank Permata, di Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Nasabah bertransaksi di banking hall Bank Permata, di Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Posisi direksi PT Bank Permata Tbk. yang kosong akibat penugasan pemerintah, diproyeksikan tetap akan diisi oleh bankir profesional swasta.

Seperti diketahui, dua bankir senior Bank Permata ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk sebagai pengurus Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA).

Ridha Wirakusumah, Direktur Utama Bank Permata, menjadi CEO SWF serta Haryanto Sahari yang merupakan Komisaris Independen Bank Permata ditunjuk sebagai Dewan Pengawas SWF.

Ekonom senior Aviliani yang Ketua Bidang Kajian dan Pengembangan Perbanas Aviliani menyampaikan Bank Permata merupakan bank swasta yang dikendalikan oleh asing.

Oleh karena itu, penempatan pucuk kepemimpinannya akan tetap berasal dari perbankan swasta atau asing.

"Saya belum mendengar nama potensialnya. Namun, ini tetap akan berasal dari swasta. Sangat jarang bankir BUMN masuk ke bank swasta," sebutnya, Selasa (16/2/2021).

Aviliani berpendapat transformasi Bank Permata sudah sangat baik. Bahkan sebelum masuk Bangkok Bank, transformasi digital perseroan sudah sangat agresif.

Menurutnya, hal ini tentu akan menjadi nilai tambah emiten berkode BNLI ini dalam menentukan bankir profesional yang skalanya tidak kalah dari direktur utama sebelumnya Ridha Wirakusumah.

"Namun, Bank Permata rasanya tetap perlu mensosialisasikan kembali segmen bisnisnya. Pasalnya, bank dengan ekosistem yang kuat akan lebih berkelanjutan ke depannya," sebutnya.

Sedianya Bank Permata akan langsung mengumumkan pengganti Ridha pada Selasa (16/2/2021). Akan tetapi, pada sore hari rencana itu ditunda dan BNLI akan mengumumkannya pada hari ini. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank permata Ridha Wirakusumah
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top