Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BTN (BBTN) Proyeksi Kinerja KPR 2021 Tumbuh 8-9 Persen

Realiasi penyaluran KPR pada tahun lalu secara keseluruhan mengalami pertumbuhan hanya 1,68 persen karena dampak dari pandemi.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 05 Maret 2021  |  18:32 WIB
Layanan nasabah di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) di Jakarta. - JIBI/Dedi Gunawan
Layanan nasabah di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) di Jakarta. - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, SURABAYA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. pada tahun ini memproyeksikan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) bisa tumbuh 8-9 persen seiring dengan aktivitas perekonomian yang mulai bergerak dan relaksasi sektor properti hingga program vaksinasi.

Direktur Distribution and Retail Funding BTN Jasmin mengatakan realiasi penyaluran KPR pada tahun lalu secara keseluruhan mengalami pertumbuhan hanya 1,68 persen karena dampak dari pandemi.

“Namun, khusus rumah subsidi mengalami pertumbuhan 10 persen, sedangkan KPR nonsusidi dengan harga di atas Rp1 miliar mengalami penurunan daya beli masyarakat,” katanya seusai penandatangan kerja sama MoU BTN - Pelindo III, Jumat (5/3/2021).

Dia mengatakan kondisi pasar rumah subsidi masih sangat bagus di tengah pandemi, bahkan kontribusi rumah subsidi bagi BTN cukup besar, yaitu mencapai 80 persen. 

BTN sendiri telah merealisasikan penyaluran KPR subsidi mencapai Rp120 triliun dari total KPR BTN Rp360 triliun dan Jawa Timur telah memiliki kontribusi terbesar kedua setelah Jakarta.

“Bahkan tahun ini BTN mendapatkan kuota KPR subsidi sampai 81.000 unit rumah dari kuota nasional 157.000 unit yang bisa dioptimalkan melalui berbagai kerja sama sinergi BUMN, seperti pembiyaan KPR untuk rumah karyawan BUMN,” jelasnya.

Jasmin menambahkan perseroan tetap optimistis tahun ini kondisi perekonomian semakin membaik sehingga yakin dengan proyeksi perolehan laba tahun ini Rp2,8 triliun-Rp3 triliun.

Sementara kinerja dana pihak ketiga (DPK) juga ditargetkan bisa tumbuh 9-10 persen. Salah satu strategi yang akan dilakukan BTN untuk menggenjot kinerja DPK yakni dengan menggerakkan kembali program menabung untuk menuju program beli rumah.

“Kami akan mengendalikan brand awarness BTN adalah bank sebagai tempat menabung, jadi kampanye dan konsep menabung nanti arahnya memiliki rumah di BTN, serta menyiapkan berbagai program tabungan seperti mendapatkan poin dari setiap transaksi untuk kemudian diundi,” imbuh Jasmin.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn kpr bank bumn kinerja bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top