Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRIS Bidik Masuk Top 10 Bank Syariah Global. Ini Daftar Pesaingnya

Dalam lima tahun mendatang, Bank Syariah Indonesia ditargetkan dapat bersanding dengan bank syariah global lainya dari sisi kapitalisasi pasar.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  15:38 WIB
Gedung berlogo Bank Syariah Indonesia yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (31/1/2021).  Bisnis - Arief Hermawan P
Gedung berlogo Bank Syariah Indonesia yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (31/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. menargetkan dapat masuk dalam jajaran 10 bank syariah terbesar secara global. Peringkat 10 besar tersebut ditargetkan dapat dicapai pada 2025 atau dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi mengatakan saat ini BSI berada di peringkat ke-7 dalam perbankan nasional dengan total aset Rp240 triliun per Desember 2020.

Dia berharap dengan posisi BSI berada di jajaran top ten perbankan nasional, bisa memberikan energi yang positif dan energi baru untuk perbankan di Indonesia terutama di segmen syariah. Dengan peringkat tersebut, jumlah aset dan pendanaan yang cukup baik, tentunya ruang untuk membiayai keuangan syariah juga cukup baik.

Lebih lanjut, Hery menargetkan dalam lima tahun mendatang, Bank Syariah Indonesia dari sisi kapitalisasi pasar dapat bersanding dengan bank syariah global lainya.

"Harapannya nanti dalam tiga sampai lima tahun dari sisi market cap bisa bersanding dengan perbankan syariah lain seperti Albilad, Al Rajhi yang ada di Saudi," katanya dalam Webinar ISEI tentang Era Baru Pembiayaan Syariah di Indonesia, Rabu (17/3/2021).

Jika target itu dapat tercapai, BRIS dapat berada di peringkat ke-10 bank syariah terbesar secara global dengan kapitalisasi pasar sekitar US$7 miliar-US$8 miliar.

Adapun, 9 bank syariah lainnya berasal dari negara-negara Timur Tengah. Bank syariah yang berada di peringkat tiga terbesar yakni Al-Rajhi Bank dari Arab Saudi dengan kapitalisasi pasar sebesar US$50,2 miliar, diikuti Kuwait Finance House dari Kuwait sebesar US$ 23 miliar, dan Emirates Islamic Bank sebesar US$ 22,8 miliar.

Di peringkat berikutnya yakni Qatar Islamic Bank sebesar US$16,3 miliar, Dubai Islamic Bank sebesar US$14 miliar, Alinma Bank sebesar US$10,3 miliar.

Selanjutnya, Masraf Al Rayan sebesar US$10,1 miliar, Boubyan Bank sebesar US$9,5 miliar, dan Bank Al Bilad sebesar US$ 9,3 miliar.

Target Bank Syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar bank syariah global, menyaingi Qatar International Islamic Bk dengan kapitalisasi pasar sebesar US$4,6 miliar.

Adapun, saat ini BSI berada di peringkat 7 terbesar di antara perbankan nasional. BRIS memiliki market share sebesar 2,6 persen dan total aset Rp240 triliun.

Bank Syariah Indonesia hanya di bawah Bank BRI dengan total aset Rp1.422 triliun, Bank Mandiri Rp1.209 triliun, BCA Rp1.056 triliun, BNI Rp818 triliun, Bank BTN Rp361 triliun, dan Bank CIMB Niaga Rp279 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah kapitalisasi pasar emiten bank Bank Syariah Indonesia
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top