Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau jadi SuperApps, Aplikasi Mandiri Online Malah Diserang Netizen 

Gangguan yang terjadi itu dinilai menghambat aktivitas transaksi sejumlah nasabah Bank Mandiri, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 masyarakat banyak melakukan aktivitas dari rumah.
Aplikasi Mandiri Online yang kini berubah nama menjadi Livin by Mandiri mengalami gangguan, Sabtu (20/3/2021). /Istimewa
Aplikasi Mandiri Online yang kini berubah nama menjadi Livin by Mandiri mengalami gangguan, Sabtu (20/3/2021). /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Aplikasi Livin by Mandiri, yang sebelumnya bernama Mandiri Online, mengalami gangguan sejak pagi, Sabtu (20/3/2021). Warganet menyampaikan berbagai keluhan atas gangguan aplikasi tersebut karena dinilai menghambat sejumlah keperluan.

Berdasarkan pantauan Bisnis, gangguan tersebut terjadi lebih kurang sejak pukul 09.30 WIB dan masih terjadi hingga pukul 15.04 WIB saat berita ini diturunkan. Aplikasi Mandiri Online mengalami gangguan setelah proses pembaruan menjadi Livin by Mandiri.

Sejumlah warganet pun menyampaikan keluhan atas gangguan aplikasi Livin by Mandiri, di antaranya melalui Twitter. Bisnis menggunakan kata kunci pencarian Bank Mandiri di media sosial tersebut, terlihat banyak unggahan tangkapan layar (screenshot) aplikasi Livin by Mandiri yang tidak dapat dibuka.

"Mandiri livin dari kemarin error ya? Apa karena belum sempurnanya sistem livin? Atau ada error di mana? Karena susah juga mau bayar-bayar itu ini," cuit akun @adidps pada Sabtu (20/3/2021) yang disertai tangkapan layar dan sejumlah tagar.

Gangguan yang terjadi itu dinilai menghambat aktivitas transaksi sejumlah nasabah Bank Mandiri, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 masyarakat banyak melakukan aktivitas dari rumah. Keluhan pun membanjiri linimasa Twitter karena gangguan terjadi pada akhir pekan.

"Semenjak berubah jadi Livin aplikasi @bankmandiri malah makin sering error mana weekend gini, bukannya lancar malah error terus, masa iya harus ke ATM hari gini? mana harus #dirumahaja," cuit akun @Rechtvaard.

Beberapa akun pun meminta pihak Bank Mandiri untuk segera memperbaiki gangguan di aplikasi tersebut. Perbaikan dibutuhkan segera karena banyaknya kebutuhan terhadap layanan di mobile banking.

"@bankmandiri update ke Livin' by Mandiri malah jadi error terus ga bisa login. Maksudnya biar memudahkan pembayaran malah jadii repot. Tolong dibenerin ya sistemnya asap," cuit akun @HaryoAdiPradana.

Sementara itu akun resmi @bankmandiri membalas sejumlah keluhan dari warganet dengan mengarahkan masyarakat untuk melakukan transaksi melalui kanal layanan lainn, seiring dengan masih terjadinya gangguan di aplikasi Livin by Mandiri.

"Sebagai informasi, Bapak/Ibu juga dapat bertransaksi menggunakan layanan e-channel Bank Mandiri lainnya seperti Mandiri SMS, Mandiri USSD *141*6# dan Mandiri ATM. Tks," cuit akun resmi @bankmandiri.  

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memperkenalkan Livin’ by Mandiri sebagai penyempurnaan dari aplikasi Mandiri Online untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam mengakses layanan perbankan perseroan di era bank 4.0.

Direktur Utama Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan bahwa transformasi layanan perbankan digital ini merupakan inisiatif strategis perusahaan untuk menjadi salah satu modern digital retail bank dengan layanan yang adaptif terhadap kebiasaan baru nasabah dalam bertransaksi.

Saat ini layanan perbankan tidak lagi terbatas pada fisik kantor bank, tetapi lebih pada konsep real time agar bisa diakses dan dimanfaatkan kapan saja, dimana saja oleh nasabah melalui aplikasi dan platform digital.

“Sebagai penyesuaian dari aplikasi Mandiri Online, Livin’ by Mandiri akan menjadi sebuah super app yang memanfaatkan pendekatan AI untuk menciptakan sentuhan personal yang unik dan modern dalam akses layanan keuangan yang lengkap, termasuk ke biller dan nantinya ke produk perusahaan anak,” ujar Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper