Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramadan Kedua di Era Pandemi, KoinWorks Optimistis Pinjaman UMKM Kian Moncer

Ketertarikan masyarakat untuk mempersiapkan keperluan selama ibadah puasa melalui berbelanja online tercatat masih tetap tinggi, bahkan diproyeksi naik dari tahun sebelumnya.
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2/2020).
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Bisnis.com, JAKARTA - PT Lunaria Annua Teknologi atau KoinWorks memproyeksi aktivitas bisnis UMKM, terutama para 'pelapak' online, justru melonjak jelang Ramadan yang jatuh pada April 2021.

Bernard Arifin, Chief of Operating Officer KoinWorks, mengatakan kendati perayaan Ramadan diperkirakan belum akan kembali normal mengingat masih adanya larangan untuk mudik, ketertarikan masyarakat untuk mempersiapkan keperluan ibadah puasa melalui berbelanja online tercatat masih tetap tinggi, bahkan diproyeksi naik dari tahun sebelumnya.

Melihat hal tersebut, KoinWorks sebagai platform Super Financial App yang menghadirkan ragam inovasi layanan finansial untuk keperluan personal dan bisnis, pun fokus untuk menyediakan akses & menggenjot penyaluran pembiayaan alternatif bagi pelaku UMKM digital sektor e-commerce, untuk memaksimalkan bisnis menjelang dan selama bulan suci Ramadan.

"Merespons permintaan dari konsumen yang terjadi menuju dan selama bulan suci Ramadan, membuat pelaku UKM digital harus menyiapkan dana tambahan guna melakukan stok barang, atau mengeluarkan produk baru khusus periode Ramadan bagi pelanggannya," ujarnya, Rabu (31/3/2021).

Bernard menekankan bahwa KoinWorks sebagai platform pembiayaan produktif siap memberikan penawaran dan pelayanan terbaik, apalagi pihaknya telah memiliki banyak partner di ekosistem digital UKM yang memudahkan pelaku untuk mengakses pembiayaan secara mudah dan cepat.

"Di KoinWorks sendiri, sejak Februari lalu permintaan pinjaman di KoinBisnis sudah tercatat naik hingga 40 persen dan saat ini pun kami masih terus menggenjot penyaluran pembiayaan ke pelaku UKM Digital sektor e-commerce, salah satunya melalui pemberian penawaran khusus Ramadan," tambahnya.

Berdasarkan catatan KoinWorks, rata-rata permintaan pinjaman dari para pelaku UKM digital e-commerce selaku borrower menuju Ramadan ini tercatat sekitar Rp50 juta sampai Rp100 juta, dengan tenor pinjaman rata-rata 12 bulan.

Bekerja sama dengan beberapa platform e-commerce besar Tanah Air, KoinWorks melalui KoinBisnis juga memberikan berbagai program promo menarik untuk mendukung para online seller untuk memaksimalkan penjualannya di bulan Ramadan.

Salah satunya, dengan memberikan potongan biaya origination fee hingga 50 persen dan program instant approval untuk pinjaman maksimal Rp50 juta mulai pertengahan bulan April 2021 nanti.

"Namun, untuk program instant approval ini tentunya juga dilakukan dengan syarat & ketentuan yang ketat, sehingga proses penilaian kredit pun tetap dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan sebelumnya," ungkap Bernard.

Pasalnya, KoinWorks juga berkomitmen untuk terus memastikan terjaganya nilai kredit macet, dengan menjalankan prinsip responsible lending dan melakukan penyesuaian sistem credit-scoring secara berkala, serta menyesuaikan kondisi ekonomi dan bisnis yang berjalan.

"Hal tersebut tentunya kami terapkan untuk menjaga kepercayaan pendana untuk dapat membantu mendanai ratusan ribu bisnis para pelaku UKM Digital di Indonesia," tutup Bernard.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper