Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Coba Cek Kartu Debit! Bank Mandiri Mulai Blokir Magnetic Stripe Hari Ini

Kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe Bank Mandiri akan dilakukan dalam tiga tahap.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 01 April 2021  |  10:34 WIB
Nasabah mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri di nJakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Nasabah mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri di nJakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mulai melakukan penonaktifkan kartu debit magnetic stripe pada hari ini, Kamis (1/4/2021).

Dilansir dari situs resminya, kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe Bank Mandiri akan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pertama mulai 1 April 2021 untuk kartu dengan expiry date 2021-2022.

Tahap kedua mulai 1 Juni 2021 untuk kartu dengan expiry date 2023-2025 dan tahap ketiga mulai 1 Juli 2021 untuk kartu dengan expiry date 2026-ke atas.

Kebijakan ini pun telah disosialisasikan melalui website, akun resmi media sosial Bank Mandiri, materi promosi di cabang, informasi di layar ATM serta billboard elektronik, serta informasi blast melalui SMS dan Whatsapp kepada nasabah sejak awal tahun ini.

Bank Mandiri mengimbau agar nasabah segera mengganti kartu debit dari magnetic stripe ke chip seiring kebijakan Bank Indonesia yang mewajibkan penggunaan kartu chip 100 persen mulai 1 Januari 2022.

Hal tersebut sesuai Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan salah satu tujuan konversi kartu debit magnetic stripe ke chip ini adalah untuk meminimalisir tindak kejahatan perbankan dengan modus pencurian data atau skimming.

Bank Mandiri telah menyiapkan mekanisme khusus penggantian kartu debit ini agar dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan tanpa biaya, termasuk meningkatkan ketersediaan kartu debit ber-chip.

Nasabah pun tidak perlu khawatir terkait limit transaksi, biaya kartu, dan cara transaksi pada kartu chip karena tidak berbeda dengan kartu magnetic stripe. Penggantian kartu chip dapat dilakukan melalui cabang Bank Mandiri terdekat cukup dengan membawa kartu identitas.

"Khusus di wilayah Jakarta dan Bekasi, kami juga telah menempatkan fasilitas CS Machine [CSM] untuk memudahkan penggantian kartu chip secara online," katanya.

Saat ini, tambahnya, Bank Mandiri telah menempatkan fasilitas Mandiri CSM di lima lokasi strategis, yaitu Jakarta Pondok Indah Mall, Senayan City Mall, Kota Kasablanka Mall, Mandiri Cabang Depok, dan Mandiri Cabang Bekasi Juanda.

BMRI berharap dapat memenuhi target BI 100 persen pada akhir 2021, di mana per 28 Februari kemarin, jumlah kartu debit chip Bank Mandiri sudah mencapai 78,3 persen dari target jumlah kartu yang dipersyaratkan chip.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri kartu debit chip
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top