Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Habis Akuisisi BPRS, Fintech ALAMI Revisi Target Penyaluran ke Rp1 Triliun

ALAMI baru saja menggandeng BPRS Sukowati Sragen di Jawa Tengah, BPRS Harta Insan Karimah (HIK) Cibitung, dan bahkan grup ALAMI sudah merampungkan proses akuisisi terhadap sebuah BPRS yang berlokasi di Jakarta.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  19:10 WIB
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Platform teknologi finansial peer-to-peer (P2P) lending berbasis syariah PT Alami Fintek Sharia (ALAMI) optimistis langkah gencarnya berekspansi melalui Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) membuahkan hasil signifikan.

Sekadar informasi, ALAMI baru saja menggandeng BPRS Sukowati Sragen di Jawa Tengah, BPRS Harta Insan Karimah (HIK) Cibitung, dan bahkan grup ALAMI sudah merampungkan proses akuisisi terhadap sebuah BPRS yang berlokasi di Jakarta.

CEO ALAMI Dima Djani mengungkap optimisme bahwa beragam langkah ini mampu merealisasikan perbesaran target penyaluran pinjaman ALAMI yang tadinya hanya dipatok tumbuh 4 kali lipat dari 2020 atau sekitar Rp800 miliar.

"Jadi sekarang kita optimis target 2021 sampai ke Rp1 triliun," ujarnya kepada Bisnis, Senin (17/5/2021).

Sekadar informasi, sejak berdiri pada 2018 sampai saat ini, akumulasi penyaluran pinjaman ALAMI telah mencapai Rp565 miliar, dan outstanding tersisa Rp157 miliar.

"Jadi jika kebanyakan bank yang mengakuisisi fintek, kami justru lakukan hal sebaliknya. Namun bagi saya, langkah akuisisi ini bukan latah, tetapi dilakukan untuk turut memajukan industri keuangan syariah di Indonesia," tambahnya.

ALAMI tengah fokus berkolaborasi memperlebar jangkauannya dengan kolaborasi strategis bersama startup seperti eFishery (sektor perikanan/kelautan) dan BukaPengadaan dari Bukalapak (sektor e-procurement).

Untuk memperkuat barisan institutional funders, ALAMI sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri Syariah dan Bank BRI Syariah yang kini sudah menjadi Bank Syariah Indonesia, serta BPR Syariah dan tujuh (7) BPR lainnya.

Terakhir, BPRS Harta Insan Karimah (HIK) Cibitung juga akan menjadi institutional funders di sektor BPRS dengan pola channeling kepada para peminjam (borrower) di platform ALAMI.

Direktur Bisnis BPRS HIK Cibitung Yetti Zulmartiazmi mengungkapkan bahwa sebetulnya BPRS HIK Cibitung sudah melakukan penjajakan dengan beberapa fintech, namun yang dirasa paling mengena dan selaras visi misi serta nilainya adalah ALAMI.

"Kami memandang, meski masih muda, ALAMI sudah mempunyai pengalaman yang luar biasa banyak bahkan melampaui institusi keuangan syariah yang sudah lama berdiri. Ini artinya, ada potensi besar yang harapannya membawa manfaat juga untuk pengembangan BPRS, nasabah serta ekosistem perbankan syariah secara luas," jelasnya dalam penandatanganan kerja sama baru-baru ini.

Diharapkan dengan adanya kerja sama dari kedua belah pihak dapat membawa manfaat untuk perkembangan BPRS HIK Cibitung, nasabah serta ekosistem perbankan syariah secara luas. Lebih lanjut, Yetti menambahkan, pandangan soal institusi keuangan syariah susah berkembang agaknya mulai terpatahkan secara perlahan.

Salah satunya sejak pemerintah memberikan lampu hijau kepada Bank Pengkreditan Rakyat (BPR)/BPRS untuk bekerjasama dengan perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending agar mampu mengakselerasi penyaluran pembiayaan ke daerah, bahkan digadang-gadang jadi penghubung sentral ekosistem.

Direktur Utama BPRS HIK Cibitung Mulyatno Rachmanto menambahkan harapan agar kerja sama ini dapat berjalan dengan baik bagi BPRS HIK Cibitung dan juga ALAMI dan berharap dapat menjadi pilihan terbaik bagi calon nasabah ke bank syariah.

BPRS HIK Cibitung berkantor pusat di Ruko Sentra Niaga Kalimalang Jl. Jend Ahmad Yani Blok B3 No. 6,7,8 Kayuringin Bekasi Selatan Kota Bekasi, memiliki lima kantor cabang yang tersebar di Jawa Barat, di antaranya Cibitung, Purwakarta, Bandung, Ciamis dan Purwakarta dan 3 kantor kas di Pelabuhanratu, Cileungsi dan Cikopo.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah perbankan fintech
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top