Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Multifinance Kudu Berbenah, Jaga Momentum Saat Efek Pandemi Usai

Hal tersebut penting agar multifinance nantinya optimal dalam mendukung perkembangan di sektor riil.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 10 Juni 2021  |  20:14 WIB
Multifinance - Istimewa
Multifinance - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sembari menjaga pertumbuhan secara perlahan di era new normal, industri pembiayaan harus mulai berbenah agar tak lepas momentum ketika efek pandemi usai.

Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) 2B Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bambang W. Budiawan mengungkap hal ini penting agar multifinance nantinya optimal dalam mendukung perkembangan di sektor riil.

Seperti diketahui, industri multifinance erat kaitannya dengan pembiayaan otomotif, leasing alat berat maupun mesin-mesin produksi, serta pembiayaan konsumen seperti elektronik dan furnitur.

"Momentum pertumbuhan bulanan ini seharusnya disikapi dengan perbaikan internal. Suatu saat sudah turn around, perusahaan pembiayaan sudah siap," ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis (10/6/2021).

Bambang melihat selama 2021 ini industri pembiayaan sebenarnya telah mulai pulih dari sisi perbaikan tingkat nonperforming financing (NPF) yang masih manageble, serta bertumbuhnya aset outstanding seiring dengan peningkatan pembiayaan baru.

Namun demikian, beberapa multifinance masih mengalami penurunan dari sisi profit, dan kesulitan dalam menjangkau sumber pendanaan baru.

"Memang ke depan terpenting bagaimana meningkatkan cara profiling costumer, mengembangkan bisnis model dan skema pembiayaan, teknologi digital, serta [objek pembiayaan] yang barangkali selama ini potensinya bagus dan cepat pulih tapi belum maksimal, ini harusnya cepat ditangkap," tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance OJK iknb
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top