Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Depan 3 Bank Gelar RUPS, BBRI & BCIC Minta Restu Rights Issue

Persetujuan rights issue menjadi agenda yang akan dibahas dalam rapat oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (BCIC).
Kantor pusat Bank Rakyat Indonesia/Dok. BRI
Kantor pusat Bank Rakyat Indonesia/Dok. BRI

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga emiten bank akan menyelenggarakan rapat umum pemegang saham tahunan dan rapat umum pemegang saham luar biasa, pada pekan depan. Salah satu agendanya yakni persetujuan untuk aksi rights issue.

Persetujuan rights issue menjadi agenda yang akan dibahas dalam rapat oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (BCIC). BRI menjadwalkan RUPSLB pada 22 Juli 22 Juli 2021 pukul 14.00 WIB di Jakarta.

"Rapat akan diselenggarakan dengan mata acara persetujuan atas penambahan modal perseroan dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) kepada para pemegang saham yang akan dilakukan melalui mekanisme penawaran umum terbatas I (PUT I) dan oleh karenanya sekaligus mengubah pasal 4 ayat 2 dan ayat 3 anggaran dasar perseroan," tulis direksi dalam pengumuman pemanggilan RUPSLB, dikutip Minggu (17/7/2021).

Sementara Bank JTrust akan menggelar RUPS Tahunan pada 23 Juli 2021 pukul 14.00 WIB di Jakarta.

"Dalam mata acara rapat ini, perseroan akan meminta persetujuan kepada RUPS atas rencana perseroan untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 4.665.700.000 saham seri C dengan nilai nominal Rp100 per saham yang akan ditawarkan melalui PMHMETD atau 46,60 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan," tulis direksi.

Terkait dengan rencana rights issue tersebut, maka rapat Bank JTrust juga membahas perubahan anggaran dasar perseroan termasuk peningkatan modal dasar dan penambahan saham seri C dengan nilai nominal Rp100 per saham dengan demikian merubah pasal 4 anggaran dasar perseroan terkait dengan modal dasar.

Selain itu, agenda RUPS Bank JTrust lainnya yakni persetujuan laporan tahunan direksi tahun buku 2020, penetapan gaji/honorarium berikut fasilitas dan tunjangan tahun buku 2021 untuk anggota direksi dan dewan komisaris perseroan, persetujuan penunjukan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2021, serta perubahan susunan pengurus perseroan.

Adapun PT Bank Mayapada Internasional Tbk. (MAYA) akan menyelenggarakan RUPS Tahunan pada 21 Juli 2021 pukul 14.00 WIB di Jakarta. Agenda yang dibahas antara lain persetujuan laporan tahunan perseroan tahun buku 2020, penetapan penggunaan laba bersih untuk tahun buku 2020.

Kemudian, persetujuan penunjukan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan tahun buku 2021, laporan realisasi penggunaan dana penawaran umum terbatas XII tahun 2019 dan penawaran umum terbatas XIII tahun 2021, penetapan gaji/honorarium, tunjangan, serta fasilitas lainnya bagi anggota dewan komisaris dan direksi perseroan tahun buku 2021, serta rencana perubahan susunan pengurus perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper