Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Digital Menjamur, Tapi Belum Akomodir Seluruh Kebutuhan Nasabah

Dari 40 juta transaksi di BCA, sebanyak 86,3 persen aktivitas dilakukan di luar cabang, sebanyak 13 persen di anjungan tunai mandiri (ATM), dan 0,7 persen datang ke kantor cabang untuk melakukan setor dan tarik dalam jumlah besar.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 07 September 2021  |  16:28 WIB
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat paparan kinerja kuartal I/2020 secara live, Rabu (27/5 - 2020). Dokumen BCA.
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat paparan kinerja kuartal I/2020 secara live, Rabu (27/5 - 2020). Dokumen BCA.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), Jahja Setiaatmadja, menilai pesatnya perkembangan bank digital tidak serta-merta mengakomodir seluruh kebutuhan nasabah.

Dia menyebutkan dalam sehari BCA melayani 40 juta transaksi. Dari jumlah itu, 86,3 persen aktivitas dilakukan di luar cabang, sebanyak 13 persen di anjungan tunai mandiri (ATM), dan 0,7 persen datang ke kantor cabang untuk melakukan setor dan tarik dalam jumlah besar.

Menurutnya, hal itu menunjukkan perkembangan bank digital belum bisa menggantikan uang tunai secara langsung. Namun, dia tidak menampik bahwa kehadiran bank digital telah mengurangi penggunaan uang tunai dalam jumlah besar.

“Tetapi begitu whole ekonomi growth, kebutuhan bisnis nambah, transaksi yang merakyat pun banyak, dan banyak juga pedagang-pedagang kecil yang belum siap untuk siap menerima itu,” ujarnya dalam webinar Bisnis Indonesia Banking Outlook 2021, Selasa (7/9/2021).

Jahja menuturkan meski Bank Indonesia (BI) telah menyediakan sarana, seperti layanan pembayaran dengan memindai kode QRIS (quick response code Indonesian standard), tetapi hal itu membutuhkan waktu untuk menyosialisasikan ke seluruh merchants.

Namun, di sisi lain, Jahja menyatakan bahwa digitalisasi perbankan adalah keniscayaan. Sebab, ceruk pasar di segmen generasi muda membutuhkan layanan khusus yang bisa diberikan oleh bank digital secara penuh.

“Untuk generasi muda, kami harus siap menyediakan digital untuk mempermudah mereka. Tetapi dalam kenyataan, kami tidak bisa memaksakan seluruh nasabah kami untuk melakukan itu,” pungkasnya.

Pada Juni 2021, transaksi internet banking BCA naik 33 persen dari 750 juta transaksi menjadi 1 miliar transaksi secara tahunan. Sementara itu, transaksi mobile banking BCA melonjak sebesar 66 persen yoy dari 1,41 miliar kali menjadi 2,35 miliar kali per Juni 2021

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bbca jahja setiaatmadja Bank Digital
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top