Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Industri Asuransi Perkuat Pemasaran Lewat Kanal Digital

Perusahaan asuransi memacu pemasaran lewat kanal digital di antaranya melalui kerja sama dengan platform digital seperti Halodoc maupun memperkuat sinergi dengan induk usaha. Hal itu dilakukan Asuransi Astra Buana dan AXA Mandiri.
Ilustrasi asuransi/Reuters
Ilustrasi asuransi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku industri asuransi semakin gencar memperkuat pemasaran melalui kanal distribusi digital. Langkah ini seiring dengan terakselerasinya pemanfaatan teknologi digital di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu perusahaan asuransi yang baru-baru ini melakukan kerja sama dengan platform digital, yakni PT Asuransi Astra Buana. Anak usaha PT Astra International Tbk. itu bekerja sama dengan platform digital Halodoc untuk memasarkan produk asuransi kesehatan perorangan berbasis digital.

Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra Buana L. Iwan Pranoto mengatakan, perusahaan melihat pemasaran melalui platform digital akan semakin potensial ke depannya.

"Kami menilai hal tersebut cukup potensial, mengingat adanya perubahan kebiasaan di tengah masyarakat terkait digital behaviour," ujar Iwan kepada Bisnis, Sabtu (9/10/2021).

Dia menuturkan, perusahaan tentunya akan terus mengembangkan produk asuransi berbasis digital, seperti Garda Healthtech, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga berkembang dan beragam. Diharapkan dengan pengembangan-pengembangan yang dilakukan ke depan, dapat turut meningkatkan literasi masyarakat atas produk asuransi.

Asuransi Astra juga terbuka terhadap peluang kerja sama dengan platform digital lainnya ke depannya.

"Kami akan terus memperluas saluran pemasaran agar bisa digapai oleh seluruh lini masyarakat," kata Iwan.

Sementara itu, PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) juga terus mengembangkan jalur pemasaran digitalnya dengan mengeksplorasi potensi kerja sama dengan platform digital.

"Saat ini, kami sudah kerja sama dengan beberapa platform digital. Kami juga sedang kaji dan lihat platform-platform digital yang pas dengan target kami," kata Direktur AXA Mandiri Uke Giri Utama.

Menurutnya, pendistribusian produk melalui kanal digital juga akan membantu memberikan perusahaan data analitik sehingga perusahaan dapat menyediakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

"Kami melihat ini jalur yang sangat potensial sehingga kami punya bisnis unit sendiri untuk mengeksplorasi jalur digital ini," imbuhnya.

Sebagai langkah awal untuk memperkuat jalur pemasaran digitalnya, AXA Mandiri juga akan memperkuat kerja sama dengan induk perusahaannya, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Uke menambahkan, sinergi dengan Bank Mandiri memberikan peluang besar bagi AXA Mandiri untuk memperluas cakupan segmen pasar lainnya. Pihaknya akan melakukan sejumlah tahapan harmonisasi dan improvisasi sinergi dengan Livin’ by Mandiri. Ke depan, akan ada banyak inovasi yang dilakukan AXA Mandiri melalui Livin' by Mandiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper