Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Viral! Ibu Rumah Tangga Atur Cash Flow Rp2,3 Juta/Bulan

Unggahan cash flow senilai Rp2,3 juta/bulan dari seorang ibu rumah tangga kini viral di media sosial.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  11:52 WIB
Postingan seorang Ibu Rumah Tangga yang berisi cash flow Rp2,3 juta/bulan viral di media sosial Instagram - IG @fety_ira36
Postingan seorang Ibu Rumah Tangga yang berisi cash flow Rp2,3 juta/bulan viral di media sosial Instagram - IG @fety_ira36

Bisnis.com, JAKARTA - Coret-coret perencanaan pengeluaran dan pemasukan bulanan atau bugeting yang diunggah seorang ibu rumah tangga viral di media sosial. Pasalnya, keluarga tersebut mampu hidup dengan cash flow Rp2,3 juta/bulan. Simak kisahnya! 

Pemilik akun Instagram @feti_ira36 mengunggah penghitungan pemasukan dan pengeluaran bulanan keluarganya pada 17 September 2021. Unggahan cash flow senilai Rp2,3 juta/bulan tersebut kini viral di media sosial hingga berhasil memperoleh 30 ribu likes dan 1.400 komentar.

Dalam unggahannya, Ira memotret tulisan tangan yang berisi perencanaan atau budgeting keluarganya untuk sebulan.  

"Corat coret pengeluaran bulan ini gak beli beras, karena dapat kiriman beras 10 kg dan 5 kg dari kantor paksu," mengutip pada akun @feti_ira36 (28/10/2021). 

Dalam foto tersebut diketahui keluarga Ira memiliki pemasukan dari sang suami Rp1,8 juta dan dirinya sendiri Rp500 ribu. Dengan demikian, total budget untuk kebutuhan dan keperluan yang wajib dibayar tidak lebih dari Rp2,3 juta/bulan.

Ira menulis budgeting keuangan tersebut pada buku. Judul tulisan tersebut, yaitu "Budget September 2021". Selain pemasukan, Ira juga menuliskan kebutuhan dan kebutuhan. Pada kolom kebutuhan tertulis biaya rumah Rp850 ribu, listrik Rp250 ribu, SPP Rp250.000, kuota (internet) Rp70 ribu, dan lain-lain (sampah dan kas RT) Rp160 ribu. Dengan demikian, total kewajiban Rp1,480 ribu.

Di kolom kebutuhan, tercatat beras Rp0, gas Rp30 ribu, belanja bulanan Rp150 ribu, belanja mingguan Rp300 ribu, dan perlengkapan anak Rp630 ribu. Total kebutuhan mencapai Rp630 ribu. 

Selain itu, Ira juga mencatat kebutuhan lain, yaitu imunisasi anak Rp35 ribu dan jajan anak Rp75 ribu. Jika ditotal, maka anggaran kewajiban dan keluarga Ira mencapai Rp2.220 ribu/bulan. 

"Rp80 ribu untuk family time, dana darurat, dan sedekah," tulis Ira. 

Menanggapi hal tersebut, banyak netizen meninggalkan komentar pujian terhadapnya seperti yang dirangkum beberapa diantaranya berikut ini. 

"Semoga ibunya tetap bersama circle ibu2 yg waras, krna suami pendapatan segitu dan bukan ibu2 yang julid barang2, piring cantik, gamis cantik, ibu2 yang nongkrong di cafe pke dresscode dan bikin genkss squad, terus foto2," ujar pemilik akun @ilmamuftia.

"Dptnya pdhl cuma 2,3 juta, pdhl pengeluaran banyak. Alhamdulillah, cukup ya kak barokah," ujar @_uniesti.

"Ga ngerti ini beneran pengeluaran real kah?? Maaf tapi klo uang segitu sy mah cuma buat susu & diapers anak aja, tp klo emg beneran budget segitu bisa buat sebulan salut lah," ujar @fiyahome29. 

"Masyaa Allah hebat bun, aku aja buat keperluan 2 anak pampers+susu ga cukup 1 juta, kayaknya aku terlalu boros. Makasih Bun jadi motivasi, mudah2an makin dilancarkan lagi rezekinya," ujar @vyaa_novia.

Sejak viralnya family budgeting miliknya ramai dan menerima banyak respon positif, pemilik akun @feti_ira36 ini pun kembali mengunggah coretan perhitungan budgeting bulan Oktober keluarganya. 

"Hallo assalamu'alaikum, selamat sore. Budgeting Oktober launching nih hehe. Alhamdulillah rejeki datang dari mana saja, setelah PHK masih ada rejeki dari tempat lain," ungkapnya pada 6 Oktober 2021 lalu.

Bersamaan dengan postingannya tersebut, Ira juga mengingatkan bahwa hidup itu sawang sinawang, yang merupakan sebuah istilah dalam bahasa Jawa berarti perilaku membandingkan. 

"Sedikit belum tentu kurang dan banyak belum tentu cukup," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

personal finance tips keuangan perencana keuangan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top