Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Percepat Transformasi Digital, BRI Agro (AGRO) Migrasi ke Google Cloud

PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. akan bekerja sama dengan Google Cloud di beberapa area strategis, seiring dengan upaya ekspansi perseroan dalam mewujudkan inklusi keuangan melalui empat tahapan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 04 November 2021  |  16:49 WIB
Percepat Transformasi Digital, BRI Agro (AGRO) Migrasi ke Google Cloud
Karyawan melakukan aktivitas di kantor cabang PT BRI Agroniaga Tbk, Jakarta, Rabu (26/9/2018). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (AGRO) memilih Google Cloud sebagai penyedia cloud utama yang diharapkan mampu mempercepat platform dan strategi perbankan digital berlisensi penuh.

CEO BRI Agro Kaspar Situmorang mengatakan bahwa kolaborasi antara Google dan BRI sudah dibangun sebagai bagian dari transformasi digital BRIvolution. Di sisi lain, juga untuk untuk melayani masyarakat gig economy yang berkembang di Indonesia.

“BRI Agro sebagai anak perusahaan BRI, melanjutkan perjalanannya menjadi bank digital dan melanjutkan kolaborasi sukses tersebut dengan menggunakan Google Cloud Platform untuk memperkuat infrastruktur digital dan melayani segmen gig economy,” ujarnya, dalam keterangan resmi, Kamis (4/11/2021).

BRI Agro akan bekerja sama dengan Google Cloud di beberapa area strategis, seiring dengan upaya ekspansi perseroan dalam mewujudkan inklusi keuangan melalui empat tahapan.

Pertama, memigrasikan aplikasi perbankan inti dan perbankan internal ke cloud publik untuk ketahanan dan keandalan. Dengan memanfaatkan Google Cloud wilayah Jakarta, BRI Agro dapat memanfaatkan latensi lebih rendah, skala lebih baik, dan keamanan tingkat tinggi sambil memenuhi persyaratan kepatuhan lokal serta mengoptimalkan biaya infrastruktur. 

Kedua adalah mendorong personalisasi konsumen dengan membangun strategi cloud data di Google Cloud. BRI Agro dapat meningkatkan layanan yang sama dari bank dengan sektor internet lainnya seperti e-commerce.

Selain itu, Google Cloud membantu BRI Agro memigrasikan platform big data dan manajemen datanya ke cloud, sehingga memungkinkan bank digital untuk mengelola siklus hidup pelanggan end-to-end secara daring sejak hari pertama.

Selain itu, kerja sama tersebut juga memberikan pengalaman pelanggan secara lebih personal kepada mereka yang belum dilayani perbankan.

Ketiga, merangkul arsitektur layanan mikro dan Open Banking API untuk agilitas bisnis. Dalam lanskap fintech yang kompetitif, BRI Agro dapat berinovasi dan meluncurkan penawaran baru dengan cepat berkat Kubernetes dan Apigee Open Banking API, sehingga dapat terhubung dan membangun layanan yang sepenuhnya baru untuk konsumen.

Keempat, tumbuh tanpa mengorbankan keamanan dan kepatuhan. Google Cloud memberi BRI Agro keamanan untuk melindungi data perbankan dan membantu bank digital menjaga kepatuhan terhadap peraturan, pencegahan penipuan, serta keamanan secara menyeluruh.

Country Director, Google Cloud di Indonesia Megawaty Khie menyatakan bahwa inovasi dalam layanan keuangan dan kemampuan beradaptasi di dunia pasca pandemi diatur oleh disrupsi teknologi.

Oleh karena itu, kata Megawaty, pihaknya bangga dapat menyediakan platform Cloud yang kuat dan aman sehingga memungkinkan masyarakat gig economy di Indonesia untuk mengakses layanan keuangan lebih cepat dengan BRI Agro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri agro Bank Digital
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top