Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonom: Kolaborasi Jadi Kunci Memenangkan Persaingan di Era Digital Banking

Pesatnya kemunculan bank digital akan menandai era baru persaingan di sektor perbankan
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 Desember 2021  |  15:15 WIB
Ekonom: Kolaborasi Jadi Kunci Memenangkan Persaingan di Era Digital Banking
Transaksi digital - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolaborasi menjadi faktor penting pada era digital saat ini, tak terkecuali di industri perbankan. Kerja sama antarpelaku industri jasa keuangan tak bisa lagi dilihat sebagai persaingan, tetapi faktor kunci dalam menumbuhkan ekosistem.

Direktur Riset Center of Reform Economic (CORE) Piter Abdullah berpendapat bahwa di era digital banking, pengembangan ekosistem digital sangat menentukan kemampuan bank untuk bersaing. Mereka yang memiliki ekosistem terbesar akan menjadi pemenang dari persaingan itu.

“Dalam hal ini adalah ekosistem hubungan antara bank dengan fintech dan juga semua layanan digital lainnya, termasuk e-commerce,” kata Piter dalam webinar baru-baru ini.

Menurutnya, digital banking akan menjadi penanda era baru di industri perbankan seiring dengan tuntutan pasar, yang kian melaju ke arah ekonomi digital.

Selain itu, pesatnya kemunculan bank digital akan menandai era baru persaingan di sektor perbankan. Piter mengatakan era bank digital akan ditandai dengan perubahan, yakni nasabah bank berganti menjadi nasabah milenial dan gen Z. Loyalitas pun jadi barang langka.

Dimulainya era baru bank digital juga akan menarik bank-bank konvensional yang sudah mapan ke garis start persaingan baru. “Bank yang mampu menyiapkan diri lebih baik dan melakukan perubahan sejak dini, akan menjadi pemenang baru di masa depan,” kata Piter.

Ketua Bidang Operation, Technology, dan Regulatory Reporting Perbanas Indra Utoyo mengatakan di era ekonomi kolaborasi, bank harus bergerak cepat memberikan value dengan merangkul mitra lain agar dapat memberikan solusi pada nasabah.

“Berkolaborasi tetapi berkompetisi ini menjadi hal biasa saja, termasuk bank dengan fintech, yang menurut saya lebih banyak kolaborasi ketimbang kompetisinya,” ujarnya.

Menurutnya, para pelaku fintech atau teknologi finansial (tekfin) merupakan para spesialis di bidang masing-masing. Untuk masuk ke dalam ekosistem tersebut, diperlukan kolaborasi antara bank dengan tekfin dalam hal pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan Digital Banking
Editor : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top