Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN (BBTN) Bakal Punya Super Apps, Begini Kelebihannya

Super apps BTN (BBTN) sedang diuji coba secara internal dan jika tidak ada halangan bakal meluncur tahun ini.
Pengunjung mencari informasi di stan Bank BTN pada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengunjung mencari informasi di stan Bank BTN pada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) berencana menghadirkan aplikasi super atau super apss untuk menggenjot segmen kredit properti. Aplikasi ini menawarkan banyak keunggulan yang memudahkan nasabah dalam proses KPR hingga kebutuhan pembiayaan untuk merenovasi rumah. 

Direktur Teknologi Informasi Bank BTN Andi Nirwoto mengatakan perseroan saat ini sedang mengembangkan aplikasi untuk manajemen platform untuk properti. Aplikasi tersebut sedang diuji coba secara internal dan jika tidak ada halangan bakal meluncur tahun ini. 

“BTN mengembangkan super apps, tahun ini akan kamu luncurkan. Saat ini sedang diuji coba untuk internal dan kemudian nanti kami luncurkan ke konsumen,” kata Andi saat wawancara lan, Senin (14/2). 

Dia menjelaskan dalam pengembangan super aplikasi properti ini, BTN memiliki keunggulan yaitu ekosistem yang matang di sektor properti. BTN merupakan satu-satunya bank milik pemerintah, yang fokus di bidang properti.

Sebagai catatan, sepanjang 2021, BTN menyalurkan kredit senilai Rp274,83 triliun dengan 77,8 persen di antaranya mengalir ke sektor properti. Bila dirinci, sebanyak 47,5 persen atau Rp130,68 triliun adalah KPR rumah subsidi dan 30,3 persen atau Rp83,25 triliun KPR non-subsidi. 

Andi menuturkan kekuatan digitalisasi perbankan ada tiga yaitu SDM, ekosistem dan teknologi. BTN akan mengombinasikan tiga pilar tersebut dan membangun ekosistem yang bernama More Gets. Ekosistem tersebut akan menghubungkan konsumen dengan ribuan pengembang. 

Dengan super aplikasi yang sedang dikembangkan tersebut, para nasabah nantinya bisa melakukan transaksi untuk membeli rumah, rumah bekas, hingga renovasi rumah. Super aplikasi tersebut nantinya juga memiliki beragam fitur mulai dari pembayaran, pembelian, hingga investasi. 

“Di sini kami memikirkan keunggulan di era digital ini untuk 5-10 tahun ke depan,” kata Andi. 

Andi menyampaikan dalam mengembangkan super aplikasi untuk properti tersebut, BTN akan bekerja sama dengan berbagai perusahaan. BTN akan membangun platform Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau Application Programming Interface (API), untuk mempercepat terbentuknya ekosistem More Gets. 

Kerja sama juga akan membuat super aplikasi BTN memiliki data base yang melimpah. Sebagai contoh, BTN belum lama melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan Pinhome, platform dagang el khusus properti. Pinhome memiliki kekuatan basis data perumahan dan data segmen milenial. Kerja sama ini nantinya akan memperkaya ekosistem More Gets BTN. 

“Kami akan menyambungkan dengan data base mereka melalui pertukaran API, termasuk turunannya untuk perawatan dan AC dan beberapa fasilitas rumah, kami juga bekerja sama dengan perusahaan lain, termasuk di dalamnya Pinhome,” kata Andi.  

Dia mengatakan dengan kerja sama yang terjalin maka konsumen bisa melakukan berbagai hal di super aplikasi BTN nanti mulai dari membeli rumah baru dan rumah kedua atau renovasi rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper