Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Moduit Mulai Sediakan Produk Investasi SBN dan Obligasi Korporasi

Moduit saat ini sudah dapat menyediakan produk surat berharga negara (SBN), serta secondary bond, baik obligasi pemerintah maupun korporasi, melalui kerja sama dengan perusahaan efek PT Trimegah Sekuritas.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  15:13 WIB
Moduit Mulai Sediakan Produk Investasi SBN dan Obligasi Korporasi
Chief Marketing Officer Moduit Stefanus Adi Utomo dan Investment Connoisseur Moduit Manuel Adhy Purwanto - Bisnis - Aziz R
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Platform teknologi finansial private wealth management (wealth-tech) PT Moduit Digital Indonesia alias Moduit mulai mengakomodasi kebutuhan investasi nasabah pada instrumen surat utang alias obligasi.

Sebagai informasi, obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat diperjualbelikan. Obligasi berisi janji dari pihak yang menerbitkan Efek untuk membayar imbalan berupa bunga (kupon) pada periode tertentu, dan melunasi pokok utang pada akhir waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

Seperti instrumen investasi saham, obligasi dapat diperjualbelikan di pasar perdana maupun pasar sekunder. Pasar perdana merupakan pasar di mana efek-efek pertama kali diterbitkan/ditawarkan ke publik.

Sementara, pasar sekunder adalah kelanjutan dari pasar perdana, di mana efek yang telah dicatatkan, diperjualbelikan kembali. Pasar sekunder memberikan kesempatan kepada para investor untuk membeli atau menjual efek-efek yang tercatat di Bursa setelah terlaksananya penawaran pada pasar perdana.

Terkini, Moduit bisa membantu nasabah yang membutuhkan produk obligasi di dalam portofolio investasinya. Moduit saat ini sudah dapat menyediakan produk surat berharga negara (SBN), serta secondary bond, baik obligasi pemerintah maupun korporasi, melalui kerja sama dengan perusahaan efek PT Trimegah Sekuritas.

Chief Marketing Officer Moduit, Stefanus Adi Utomo menjelaskan bahwa produk obligasi akan dipasarkan secara berbeda ketimbang produk reksa dana yang bisa dibeli langsung dalam platform. Instrumen obligasi hanya ditawarkan pada nasabah-nasabah Moduit Advisor atau penasihat keuangan di dalam platform.

Sebagai informasi, Moduit mempunyai advisor profesional yang akan memberikan nasihat investasi dan juga membantu nasabah untuk melakukan proses administrasi pembelian produk obligasi, sehingga nasabah tidak perlu repot untuk melakukan riset, pencarian produk & melakukan pembukaan rekening secara mandiri.

Moduit akan membantu nasabah untuk melakukan pembukaan rekening di perusahaan sekuritas agar siap untuk melakukan transaksi obligasi sesuai nasihat investasi.

"Saat ini, Moduit sudah mempunyai lebih dari 100 advisor yang berpengalaman di bidangnya, serta sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan [OJK]," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (21/2/2022).

Menurut analisis Moduit, terdapat peningkatan minat investor ke produk obligasi. Terlebih lagi, dalam beberapa bulan belakangan, pemerintah memberikan keringanan Pajak Penghasilan (PPh) kupon obligasi untuk investor domestik menjadi 10 persen dari yang sebelumnya 15 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi wealth management Teknologi Finansial Moduit
Editor : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top