Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Expoversary 2022 Tawarkan Bunga Spesial bagi Pelaku UMKM, Simak Promonya

BCA memberikan bunga spesial kepada pelaku UMKM untuk keluar dari tekanan ekonomi akibat pandemi.
BCA memberikan bunga spesial kepada pelaku UMKM/Bisnis
BCA memberikan bunga spesial kepada pelaku UMKM/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menebar bunga spesial bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM dalam gelaran BCA Expoversary 2022 yang digelar secara hybrid. 

“Selama penyelenggaraan BCA Expoversary, kami menawarkan bunga spesial kredit multiguna bagi pelaku UMKM sebesar 3,65 persen untuk tujuan ekspansi usaha," ujar EVP Commercial & SME BCA, Freddy Iman, Jumat (11/3/2022).

Selain itu, lanjutnya, ada juga pembiayaan untuk ekspansi gudang dengan bunga spesial 5,65 persen dan UMKM di sektor ESG (Environmental, Social, and Corporate Governance) yang produknya ramah lingkungan dengan suku bunga spesial 7,25 persen per tahun. 

Menurutnya, langkah tebar bunga ini merupakan salah satu cara perseroan dalam membantu pelaku UMKM untuk keluar dari tekanan akibat pandemi. Di samping upaya pendampingan berkelanjutan demi mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia.

Dia juga mengungkapkan pola pendampingan yang dilakukan perseroan terhadap pelaku UMKM terarah pada upaya mendukung pelaku UMKM bersaing dengan kompetitor.

Selain itu, beberapa pelaku UMKM juga mendapat bantuan pendampingan dalam hal transaksi pembayaran, sehingga semua transaksi terekam dan memiliki histori. Hal ini dilakukan agar pelaku UMKM dapat diterima perbankan dan memiliki peluang untuk mendapatkan dukungan finansial guna memperbesar usahanya.

“Banyak pelaku UMKM yang kami temukan, tadinya berangkat dari hobby. Kami lakukan kurasi, membantu mereka dalam hal packaging, pemasaran, on boarding, sehingga para pelaku UMKM akhirnya bisa benar-benar menjadi pengusaha yang siap menghadapi berbagai tantangan,” kata dia.

Sebagai catatan, hingga Desember 2021, kredit komersial dan UKM dari emiten bank dengan kode BBCA ini naik 4,8 persen secara tahunan (yoy) menjadi Rp195,8 triliun. Peningkatan ini seiring membaiknya permintaan di sektor komersial dan UKM pada semester II/2021. 

Akhir tahun lalu, BCA juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Modal Rakyat Indonesia sebagai penyelenggara fintech peer to peer lending Modal Rakyat. Melalui kerja sama ini, BCA mengalokasikan limit kerja sama senilai Rp 20 miliar yang akan didistribusikan kepada UMKM yang sedang mengembangkan bisnis. 

Selain itu, BCA juga menjalin kerja sama dengan PT Komunal Finansial Indonesia (Komunal) untuk membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis dengan limit senilai Rp15 miliar. Komunal merupakan perusahaan teknologi finansial yang memberikan fasilitas berupa layanan peer-to-peer untuk menciptakan hubungan antara UMKM potensial dengan para pemberi dana.

Di lain pihak, perseroan juga menyelenggarakan UMKM Fest, yang mempromosikan lebih dari 1.700 merchant UKM lewat platform online. Melalui program Bangga Lokal, 745 pelaku UMKM mendapatkan dukungan dalam hal promosi, marketing, edukasi, hingga kesempatan untuk mendapatkan pembiayaan modal kerja. 

Freddy menambahkan perseroan akan tetap berkomitmen mendampingi pelaku UMKM demi meningkatkan kapasitas agar menjadi UMKM yang lebih profesional. Hal ini merujuk pada fakta bahwa dari 65 juta pengusaha Indonesia, 95 persennya adalah pelaku UMKM.

Di sisi lain, perseroan juga terus mendukung upaya pemerintah mengembangkan UMKM agar lebih dikenal di kancah global melalui business matching, sehingga produk UMKM dapat diekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper