Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anggota Komisi VI DPR Dorong BNI (BBNI) Ambil Alih Kantor Cabang Luar Negeri BRI (BBRI) dan Mandiri (BMRI)

Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Andre Rosiade menilai hal tersebut dapat memperkuat status BNI sebagai bank global.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  16:25 WIB
Warga melintas di depan Kantor Cabang Luar Negeri BNI Tokyo.  - BNI
Warga melintas di depan Kantor Cabang Luar Negeri BNI Tokyo. - BNI

Bisnis.com, JAKARTA – Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Andre Rosiade menyarankan kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) untuk bekerja sama dengan aset-aset yang dimiliki bank pelat merah lain. Hal ini dilakukan untuk perusahaan ini sebagai bank global. 

Hal itu disampaikannya langsung di hadapan Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI dengan bank BUMN, Rabu (30/3/2022). 

Andre mengungkapkan, beberapa waktu yang lalu di dalam rapat, dirinya pernah menyampaikan bahwa bank pelat merah lain, seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) memiliki aset di luar negeri. 

“Kalau memang BNI yang akan ditunjuk oleh Himbara menjadi bank global, kenapa tidak aset-aset Bank Mandiri atau BRI yang ada di luar dijadikan kerja sama menjadi cabang BNI, sehingga memang fokus itu terjadi, jadi kerja sama antara Himbara,” kata Andre. 

Menurutnya, saran-saran tersebut nantinya bisa dipertimbangkan dan dibicarakan dengan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo dan jajaran Direktur Utama Bank Himbara lainnya. 

“Sehingga identitas BNI sebagai bank global ini bisa terwujud,” jelasnya. 

Jika melihat Bank BUMN lain, Andre mengungkapkan identitas diri pada bank pelat merah lainnya sudah terlihat jelas, seperti Bank Mandiri dengan segmen korporasi. Lalu, BRI dengan UMKM, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) dengan perumahan rakyat. 

“BNI di tengah-tengah, nih, Pak. BNI harus jelas identitasnya,” pungkasnya. 

Adapun saat ini BNI memiliki 6 kantor cabang luar negeri (KCLN) yang terletak di Singapura, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat. Selain itu bank juga memiliki satu Sub-Branch di Osaka, Jepang serta dua Remittance Centre di Singapura dan satu anak usaha Remittance di Hong Kong.

Sementara itu, Bank Mandiri memiliki 7 KCLN di Singapura, Hong Kong, Cayman Island, China, Timor Leste, Inggris, dan Malaysia. Mengutip situs resmi, BRI memiliki 6 unit kerja di negara lain, yakni di Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Hong Kong, Caymand Island, Timor Leste, dan Taiwan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN bni perbankan bbni himbara
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top