Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perbedaan Pembayaran BI Fast, Online, SKNBI dan RTGS

Berikut ini perbedaan dan manfaat antara layanan BI Fast, Online transfer, SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia), dan RTGS (Real Time Gross Settlement).
Petugas berbincang dengan nasabah di kantor cabang PT Bank OCBC NISP Tbk di Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Petugas berbincang dengan nasabah di kantor cabang PT Bank OCBC NISP Tbk di Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Perubahan gaya hidup masyarakat di Indonesia, berdampak pada pola hidup, termasuk ketergantungan terhadap layanan digital yang makin marak. Masyarakat Indonesia memiliki berbagai macam layanan pembayaran yang semua dapat dilakukan secara instant, kapan dan dimana saja, tanpa terkecuali di Industri perbankan.

Head of Digital Business Bank OCBC NISP Rudy Hamdani mengatakan masyarakat perlu mengetahui lebih dalam layanan yang ditawarkan, tujuannya agar mereka dapat memanfaatkan layanan secara maksimal untuk membantu mengelola keuangan sehari-hari.

Lantas apa saja perbedaan dan manfaat antara layanan BI Fast, pembayaran online, SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia), dan RTGS (Real Time Gross Settlement), dalam mendukung kehidupan nasabah sehari-hari. Berikut ulasannya:

BI FastOnlineSKNBIRTGS
Durasi TransferReal timeReal time1 jam sejak rekening di-debet1 jam sejak rekening di-debet
BiayaRp2.500,-Rp6.500,-Rp2.000,-Rp25.000,- (ONe Mobile)
Jam Operasional24 jam x 7 hari24 jam x 7 hariHari Kerja 08:00-15:15 WIBHari Kerja 08:00-15:15 WIB
Nominal Transaksi> 250jt> IDR 100jtIDR 10rb – 250jt> IDR 1M

*Biaya transfer SKNBI dan RTGS berbeda tiap Bank. Ilustrasi adalah biaya SKNBI dan RTGS untuk Bank OCBC NISP, proses transfer dilakukan melalui aplikasi ONe mobile.

Rudy menambahkan baik BI Fast, Online transfer, SKNBI dan RTGS adalah pembayaran untuk dalam negeri. Adapun biaya Rp2.500,- dalam layanan BI Fast hanya dapat dilakukan oleh sesama peserta Bank yang tergabung dari sistem pembayaran BI Fast, dan salah satunya adalah Bank OCBC NISP.

Biaya transaksi ini akan dikenakan langsung ketika melakukan pembayaran baik secara online ataupun kantor cabang.

“BI Fast merupakan salah satu alat pembayaran yang dapat membantu nasabah untuk dapat melakukan transaksi secara cepat, dan mudah,” kata Rudy.

Rudy juga mengatakan dengan melihat adanya peningkatan penggunaan mobile banking, Bank OCBC NISP mendukung lebih lanjut pemanfaatan dan penetrasi BI Fast ini dengan meniadakan biaya transfer selama bulan Maret sampai dengan Mei 2022 untuk nasabah individu.

Manfaat lain menggunakan BI Fast adalah kecepatan, kepastian dan kemudahan dalam melakukan transfer dengan memanfaatkan data proxy (alamat email atau no HP yang sudah didaftarkan di Bank sebagai identitas nomor rekening).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper