Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbesar Skala Bisnis, Hanwha Life Bakal Caplok Lippo General Insurance (LPGI)

Hanwha Life akan menjadi pengendali baru Lippo General Insurance (LPGI), dengan mengambil alih 47,69 persen saham emiten asuransi umum tersebut.
ilustrasi Hanwha Life
ilustrasi Hanwha Life

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Hanwha Life Insurance Indonesia, perusahaan asuransi asal Korea Selatan, berencana mengambil alih 47,69 persen saham PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI), untuk memperbesar skala bisnis di Indonesia.

Berdasarkan pengumuman, Senin (4/4/2022), manajemen Hanwha Life menyampaikan bahwa perseroan sedang melaksanakan proses negosiasi atas rencana pengambilalihan PT Lippo General Insurance Tbk. dengan PT Inti Anugerah Pratama (IAP) dan PT Star Pacifik Tbk. (LPLI).

"Sehubungan dengan proses negosiasi tersebut, calon pengendali baru [Hanwha Life] telah menandatangani Conditional Sale and Purchase Agreement [Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat] dengan IAP dan Conditional Sale and Purchase Agreement dengan LPLI, keduanya pada tanggal 1 April 2022," tulis manajemen Hanwha Life dalam pengumumannya.

Hanwha berencana untuk membeli sejumlah saham di PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI) milik IAP yang mewakili 42,79 persen dari saham yang telah dikeluarkan oleh LPGI dan sejumlah saham di LPGI milik LPLI yang mewakili 4,9 persen dari saham yang telah dikeluarkan LPGI. Seluruhnya merupakan 47,69 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh LPGI.

"Tujuan rencana pengambilalihan adalah untuk mengembangkan skala bisnis asuransi calon pengendali baru di Indonesia," kata manajemen Hanwha Life.

Penyelesaian rencana pengambilalihan tunduk pada pemenuhan syarat dan kondisi yang disepakati dalam Perjanjian-Perjanjian Jual Beli Bersyarat, termasuk namun tidak terbatas pada diperolehnya persetujuan OJK atas rencana jual beli saham dan hasil penilaian kemampuan dan kepatutan Hanwha Life selaku calon pengendali baru dari OJK, untuk menjadi pemegang saham pengendali LPGI.

Apabila rencana pengambilalihan telah diselesaikan, Hanwha Life akan menjadi pengendali baru LPGI dan akan melaksanakan penawaran tender wajib. Dalam melaksanakan rencana ini, Hanwha Life akan memperhatikan dan mematuhi ketentuan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku, termasuk POJK 9/2018 dan peraturan-peraturan mengenai perusahaan asuransi yang berlaku.

Adapun, PT Hanwha Life Insurance Indonesia merupakan anak usaha dari Hanwha Life Insurance Co Ltd yang saat ini memiliki 99,61 persen saham di Hanwha Life.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper