Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Hanya Hanwha Life, Afiliasinya Juga Akan Masuk ke Lippo Insurance (LPGI)

Hanwha General Insurance akan membeli 14,90 persen dari seluruh saham yang diterbitkan oleh PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI) yang dimiliki oleh Star Pacific.
Kantor Pusat Hanwha Life Insurance, Korea./hanwha.com
Kantor Pusat Hanwha Life Insurance, Korea./hanwha.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hanwha Life Insurance Indonesia (Hanwha Life), perusahaan asuransi asal Korea Selatan, berencana mengambil alih 47,69 persen saham PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI). Afiliasi Hanwha Group lainnya juga akan turut menggenggam saham Lippo Insurance lewat pembelian saham perseroan yang dimiliki oleh PT Star Pacific Tbk.

Star Pacific akan menjual seluruh sahamnya di LPGI sebesar 19,8 persen kepada Hanwha Life dan Hanwha General Insurance. Rencana ini diumumkan oleh manajemen Star Pacific melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia.

"Perseroan telah menandatangani Conditional Sale and Purchase Agreement [Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat] dengan Hanwha General Insurance dan PT Hanwha Life Insurance Indonesia pada tanggal 1 April 2022," tulis direksi Star Pacific dalam pengumumannya, dikutip Selasa (5/4/2022).

Dalam perjanjian tersebut, Hanwha General Insurance akan membeli 14,90 persen dari seluruh saham yang diterbitkan oleh LPGI yang dimiliki oleh Star Pacific.

Sementara itu, Hanwha Life Insurance Indonesia akan membeli 4,90 persen dari seluruh saham yang diterbitkan oleh LPGI yang dimiliki oleh Star Pacific.

"Tujuan dari rencana transaksi adalah merealisasikan keuntungan investasi perseroan," kata manajemen Star Pacific.

Manajemen menyatakan penyelesaian dari rencana transaksi tersebut masih bergantung pada pemenuhan atau pengesampingan persyaratan pendahuluan oleh para pihak yang sebagaimana diatur dalam perjanjian.

"Perseroan tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Hanwha Life Insurance Indonesia dan Hanwha General Insurance sebagaimana diatur menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang pasar modal," demikian pernyataan manajemen.

Adapun, saat ini, kepemilikan saham Star Pacific di LPGI adalah sebesar 19,8 persen. Mayoritas saham LPGI dimiliki oleh PT Inti Anugerah Pratama sebesar 65,79 persen, sisanya dimiliki masyarakat 14,41 persen.

Sementara itu, Hanwha Life juga tengah dalam negosiasi untuk membeli 42,79 persen saham LPGI yang dimiliki oleh PT Inti Anugerah Pratama.

PT Hanwha Life Insurance Indonesia merupakan anak usaha dari Hanwha Life Insurance Co Ltd yang saat ini memiliki 99,61 persen saham di Hanwha Life.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper