Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasak-Kusuk Calon ADK OJK, Beredar Paket Komisioner dari Senayan

Beredar nama-nama paket ADK OJK di lingkungan anggota DPR RI Komisi IX. Siapa saja nama-nama yang akan lolos dari Senayan?
Hendri T. Asworo
Hendri T. Asworo - Bisnis.com 07 April 2022  |  12:31 WIB
Calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang juga Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyampaikan paparan saat uji kepatutan dan kelayakan calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Komisi XI DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022). Mahendra Siregar dan Darwin Cyril Noerhadi akan bersaing memperebutkan kursi ketua Dewan Komisioner OJK periode 2022 - 2027 melalui seleksi tahap akhir di DPR. ANTARA FOTO - Galih Pradipta
Calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang juga Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyampaikan paparan saat uji kepatutan dan kelayakan calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Komisi XI DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022). Mahendra Siregar dan Darwin Cyril Noerhadi akan bersaing memperebutkan kursi ketua Dewan Komisioner OJK periode 2022 - 2027 melalui seleksi tahap akhir di DPR. ANTARA FOTO - Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Meski proses uji kelayakan dan kepatutan tengah berlangsung, beredar paket nama-nama yang lolos menjadi anggota dewan komisioner (ADK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di lingkungan Komisi XI DPR RI Senayan.

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnis, hari ini, Kamis (7 April 2022), sejak Rabu malam beredar paket nama-nama yang lolos uji kelayakan dan kepatutan ADK OJK. 

Paket pertama, ada nama Mahendra Siregar sebagai ketua dewan komisioner OJK. Kemudian Mirza Adityaswara, Dian Ediana Rae, Inarno Djajadi, Ogi Prastomiyono, Sophia Issabella Watimena, dan Friderica Widyasari Dewi.

Kedua, Mahendra Siregar muncul kembali sebagai ketua dewan komisioner OJK. Selanjutnya ada nama Darwin Chril Noerhadi, Dian Ediana Rae, Inarno Djajadi, Fauzi M. Ichsan, Sophia Issabella Watimena, dan  Friderica Widyasari Dewi.

Dari nama-nama tersebut, terlihat ada lima kesamaan nama dalam paket tersebut, seperti Mahendra Siregar, Dian Ediana Rae, Inarno Djajadi, Sophia Issabella Watimena, dan  Friderica Widyasari Dewi.

Bila dilihat lebih detil, terdapat beberapa pos yang ada dua nama, yakni pada paket pertama nama Dian Ediana Rae dan Ogi Prastomiyono yang sama-sama di pos Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap ADK OJK.

Kemudian nama Mahendra Siregar dan Darwin Chil Noerhadi pada posisi calon Ketua Dewan Komisioner OJK. Namun, ada juga nama pada satu pos yang tidak masuk, yakni Hoesen dan Pantro Pander Silitonga pada posisi calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa keuangan lainnya merangkap ADK OJK.

Jika nama-nama tersebut benar-benar lolos, artinya ADK OJK periode 2022-2027  tidak ada nama petahana, yakni Hoesen yang saat ini menjabat Kepala Pengawas Pasar Modal. Pada periode sebelumnya 2017-2022, ada nama Nurhaida yang lolos menjadi Wakil ketua merangkap ADK OJK.

Dalam seleksi fit and proper test, DPR hanya memilih satu ketua dan enam orang anggota dewan komisioner OJK. Enam orang ini bisa diambil dari berbagai posisi yang diajukan oleh presiden. Kemudian, ketua terpilih akan rapat perdana untuk menentukan pos masing-masing komisioner.

Sementara itu, Bisnis menghubungi Anggota DPR Komisi XI dari PDIP Hendrawan Pratikno. Dia membenarkan bahwa beredar nama-nama dalam paket di lingkungan DPR. Namun, dia enggan mengonfirmasi nama-nama tersebut.

“Belum tahu [siapa saja yang lolos]. Beredar paket-paket nama. Ada 3 versi. Plus versi wartawan,” ujarnya dalam pesan singkat.

Hal serupa disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Gerindra Kamrussamad. Menurut dia, saat ini proses fit and proper test masih berlangsung sehingga belum ada nama yang ditetapkan. “Masih Fit and proper test, belum ada info.”

Seperti diketahui fit and proper test berlangsung dua hari. Kemarin uji kelayakan dan kepatutan pada calon Ketua ADK OJK, calon Wakil Ketua ADK, dan Kepala Pengawas bidang perbankan merangkap ADK. 

Berikut 14 orang calon DK OJK pilihan Presiden Jokowi yang diajukan ke DPR: 

  1. Calon Ketua DK OJK merangkap Anggota Mahendra Siregar Darwin Cyril Noerhadi 

  2. Calon Wakil Ketua DK OJK merangkap Ketua Komite Etik dan Anggota Mirza Adityaswara Mohamad Fauzi Maulana Ichsan

  3. Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota Dian Ediana Rae Ogi Prastomiyono 

  4. Calon Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota Inarno Djajadi Doddy Zulverdi 

  5. Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya dan merangkap anggota Hoesen Pantro Pander Silitonga 

  6. Calon Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Hidayat Prabowo Sophia Issabella Watimena 

  7. Calon Anggota yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi Hariyadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr OJK dewan komisioner ojk Pansel Calon DK OJK
Editor : Hendri T. Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top