Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BUMN INTI Serius Ramaikan Tekfin, Luncurkan Layanan PPOB INTIPay

Layanan payment point online banking (PPOB) berbasis aplikasi ini merupakan bentuk keseriusan PT INTI masuk ke sektor bisnis teknologi finansial (tekfin/fintech).
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 12 April 2022  |  14:10 WIB
Ilustrasi platform pembayaran dan belanja kebutuhan digital, INTIPay besutan PT INTI Konten Indonesia, anak perusahaan dua BUMN, PT INTI dan PT Pos Indonesia - sumber: doc. PT INTI
Ilustrasi platform pembayaran dan belanja kebutuhan digital, INTIPay besutan PT INTI Konten Indonesia, anak perusahaan dua BUMN, PT INTI dan PT Pos Indonesia - sumber: doc. PT INTI

Bisnis.com, JAKARTA - BUMN bidang telekomunikasi PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) alias PT INTI meluncurkan platform pembayaran dan belanja kebutuhan digital, INTIPay.

Direktur Utama PT INTI Otong Iip menjelaskan bahwa layanan payment point online banking (PPOB) berbasis aplikasi ini merupakan bentuk keseriusan pihaknya masuk ke sektor bisnis teknologi finansial (tekfin/fintech).

"Aplikasi INTIPay ini menjadi sistem yang melengkapi kefungsian perangkat buatan PT INTI (Persero) bernama Identik AE01, yang telah banyak digunakan di perbankan, perusahaan operator selular, dan lembaga negara terkait perlindungan tenaga kerja," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (12/4/2022).

Platform yang memungkinkan transaksi keuangan terkoneksi dengan perbankan secara online dan real time dengan rekonsiliasi data secara cepat dan akurat ini akan dijalankan secara langsung oleh anak perusahaan PT INTI, yaitu PT INTI Konten Indonesia (INTENS).

Berbekal ponsel pintar, masyarakat dapat menggunakan INTIPay untuk transaksi pribadi, maupun memanfaatkannya secara komersial dengan cara menjadi agen. Masyarakat juga bisa melengkapi layanannya dengan perangkat terpadu Identik AE01.

"Perangkat Identik AE01 ini mendukung berbagai layanan pembayaran digital, serta memiliki fitur pembaca dan verifikasi KTP Elektronik, collected data untuk big data analytic, mendukung berbagai transaksi pembayaran cashless, portable, dan dapat langsung mencetak bukti pembayaran. Aplikasi dan perangkat ini merupakan cara INTI Group untuk memperkuat sisi digital service," tambahnya.

Saat ini, eksosistem INTIPay tercatat telah memiliki 82.842 Agen, 582.556 PosPay Retail, 524 Entity Biller, 42 Switching, 15 Channel, dan 856 Produk Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang telah melayani sebanyak 6.973.646 pelanggan.

Direktur Utama PT INTI Konten Indonesia (INTENS) Yudi Limbar Yasik menyebutkan, ekosistem ini diproyeksikan akan terus bertambah dengan beragamnya layanan transaksi pembayaran yang disediakan oleh INTIPay.

Terkini, transaksi yang telah tersedia, antara lain Pengisian Pulsa, Pembayaran Tagihan Pascabayar, Pembelian Paket Data, Pembelian Token PLN, Pembayaran Tagihan PLN PascaBayar, Pembayaran Tagihan PDAM, Telkom Pay, BPJS Kesehatan, Pajak, Cicilan, Donasi, dan topup e-Money.

Juga ada transaksi buat TV Berlangganan, e-Commerce, Voucher TV Berlangganan, Asuransi, Pembayaran Tiket, Pembayaran Gas, Gas Prepaid, Pos Assurance, dan Antar Uang.

Yudi berharap segala inovasi besutan INTENS yang merupakan hasil sinergi antara PT INTI dan PT Pos Indonesia (Persero) ini dapat mengoptimalkan potensi masing-masing perusahaan induk, terutama terkait kompetensi digital payment dan digital solution.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

platform layanan digital fintech
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top