Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lebaran 2022, BRI (BBRI) Mudahkan Nasabah dengan QRIS di BRImo

Dengan menggunakan fitur QRIS di BRImo, nasabah semakin mudah untuk bertransaksi ketika berbelanja, makan di restoran favorit, hingga bersedekah.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  10:14 WIB
BRImo BRI - bri.co.id
BRImo BRI - bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) senantiasa memenuhi segala kebutuhan nasabah melalui aplikasi BRImo selama libur Lebaran 2022, salah satunya dengan fitur pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan fitur tersebut hadir dalam dua cara. Pertama, pengguna menunjukkan QRIS pada merchant. Merchant yang akan melakukan pemindaian atau biasa disebut metode Customer Presented Mode (CPM).

“Dalam aplikasi BRImo, metode ini juga didukung dengan adanya fitur QR Pedagang sehingga mitra merchant dapat melakukan pemindaian QRIS secara langsung tanpa perlu tambahan device,” ujar Handayani dalam keterangan tertulis, Jumat (6/5/2022).

Kedua, pengguna melakukan pemindaian QRIS yang ada pada merchant atau disebut metode Merchant Presented Mode (MPM).

Handayani mengatakan upaya ini merupakan wujud BRI dalam menerapkan operasional yang customer centric. BRImo pun menjadi jawaban atas kebutuhan transaksi nasabah hanya dalam satu aplikasi saja.

“Dengan menggunakan fitur QRIS di BRImo, nasabah semakin mudah untuk bertransaksi ketika berbelanja, makan di restoran favorit, hingga bersedekah. Selain itu, bagi mitra merchant juga dimudahkan karena tidak perlu menyediakan uang kembalian juga pencatatan menjadi lebih praktis,” ungkapnya.

Untuk menikmati kemudahan bertransaksi menggunakan fitur QRIS di BRImo, nasabah cukup login aplikasi BRImo. Lalu, pilih menu “QRIS”. Setelah itu, pilih scan QRIS yang disediakan merchant atau tunjukkan QRIS yang muncul di BRImo untuk di-scan oleh merchant.

“Pastikan nama merchant, sumber dana, dan nominal transaksi telah sesuai. Terakhir, masukkan Personal Identification Number (PIN) untuk menyelesaikan transaksi,” tambahnya.

Tercatat, hingga kuartal I/2022, sebanyak 2,1 juta mitra merchant BRI telah menerima pembayaran menggunakan QRIS. Dari jumlah merchant tersebut, tercatat frekuensi transaksi tumbuh 9 kali lipat dan sales volume 15 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Sejalan dengan kinerja QRIS, kata Handayani, jumlah pengguna BRImo telah menembus 16 juta pengguna atau nasabah dengan laju transaksi hingga 313,88 juta kali atau tumbuh 238 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri bank bumn mobile banking
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top