Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kekuatan Bank Mandiri (BMRI) di Layanan Digital, Transaksi Aplikasi Livin' & Kopra Tembus Rp10.000 Triliun

Bank Mandiri mencatat dua aplikasi layanan digital perusahaan yakni Livin' dan Kopra by mandiri telah melayani transaksi lebih dari Rp10.000 triliun.
Bank Mandiri./Dok. Pubex 2020
Bank Mandiri./Dok. Pubex 2020

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) mencatat dua aplikasi digital super platform yang dikembangkan yakni Livin' dan Kopra telah mengelola transaksi senilai Rp10.261,6 triliun hingga akhir kuartal I/2022. 

Livin' adalah aplikasi mobile banking resmi dari Bank Mandiri yang dikembangkan menjadi financial super app. Sedangkan Kopra merupakan aplikasi digital super platform yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi ekosistem bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale dan value chain nya secara end to end.

Berdasarkan paparan kinerja yang Bank Mandiri sampaikan dalam pengumuman di koran Bisnis Indonesia, dua layanan ini mendukung ekspansi perusahaan menjadi digital. "98 persen transaksi sudah digital," tulis manajemen dalam pengumumannya hari ini, Selasa (17/5/2022). 

Disebutkan secara lebih detail, aplikasi Livin' by mandiri sejak diluncurkan pada Oktober 2021 lalu telah mengalami pertumbuhan pengguna hingga tiga kali lipat menjadi 10,4 pengunduh. Dengan pengguna ini, maka Livin telah mendukung 417 juta transaksi senilai Rp508 triliun," tertulis lebih lanjut. 

Sementara, layanan digital Kopra untuk nasabah wholesale telah mengelola 169 juta transaksi secara year on year atau melonjak 98 persen. Nilai transaksi yang dilayani Kopra by Mandiri untuk wholesale mencapai Rp5.037 triliun. Sedmentara  untuk cash management serta trade finance & bank guarantee secara berurutan mencapai Rp4.546 triliun dan Rp170,6 triliun.  

Dengan capaian ini, maka kedua aplikasi layanan digital dari Bank Mandiri ini mengelola transaksi senilai Rp10.261,6 triliun.

Dalam paparan publik atas kinerja Triwulan I/2022 Bank Mandiri pada akhir April 2022 lalu, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar menyampaikan aplikasi Livin’ akan menghadirkan keterbukaan ekosistem agar dapat terintegrasi dengan digital ekosistem lainnya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan beyond financial melalui partnership dengan top digital player di pasar. 

“Melalui strategi open ecosystem ini, kami memberikan fleksibilitas kepada nasabah untuk melakukan transaksi tanpa perlu pindah aplikasi,” kata Alexandra, saat itu (27/4/2022). 

Alexandra menjelaskan, The New Livin’ akan terus berinovasi dan membawa fitur-fitur dan kerja sama eksklusif untuk para penggunanya. Ke depan, The New Livin’ akan meluncurkan fitur produk investasi dan fitur urban lifestyle untuk menghadirkan ekosistem digital. 

Untuk fitur investasi, kata Alexandra, akan memberi kemudahan bagi nasabah dan pengguna Livin’ untuk membeli dan menjual instrumen investasi seperti reksa dana. Produk yang dapat dipilih pun beraneka ragam tergantung pada profil risiko dari pembeli. “Nantinya akan hadir juga layanan dan produk investasi dari perusahaan anak, seperti Mandiri Sekuritas dan Mandiri Investasi,” imbuhnya. 

Sedangkan untuk fitur urban lifestyle, pengguna Livin’ dapat melakukan transaksi sehari-hari yang berhubungan dengan lifestyle di dalam aplikasi Livin’. “Nantinya, pengguna Livin’ dapat membeli tiket perjalanan, membeli voucher game, dan juga mem-booking lapangan golf hanya melalui aplikasi Livin. Hal ini juga pastinya disesuaikan dengan profil dari pengguna dan juga akan disertai dengan promo-promo menarik,” ujarnya. 

Di sisi lain, lanjut Alexandra, Kopra by Mandiri terdiri dari 3 varian solusi, yaitu host to host, portal base, dan partnership, yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan semua level dalam ekosistem bisnis nasabah, mulai dari supplier, prinsipal, distributor, hingga retailer secara digital. “Kami akan terus melakukan inovasi pengembangan produk Kopra untuk memberikan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi,” katanya. 

Pada 2022 ini, emiten bersandi saham BMRI ini juga akan terus melakukan penyempurnaan UI/IX dan pengembangan fitur lainnya, mulai dari relationship cross selling, forex dealing 2.0, hingga financial forecasting, sehingga nasabah semakin mudah bertransaksi menggunakan Kopra dalam menjalankan dan memonitor kegiatan bisnisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper