Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonomi Membaik, Kredit Konsumsi Bank Mandiri (BMRI) Capai Rp93,7 Triliun per Maret 2022

Bank Mandiri atau BMRI itu tercatat mengalami pertumbuhan kredit konsumer sebesar 8,9 persen pada kuartal I/2022 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 31 Mei 2022  |  19:46 WIB
Ekonomi Membaik, Kredit Konsumsi Bank Mandiri (BMRI) Capai Rp93,7 Triliun per Maret 2022
Nasabah mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri di nJakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi perekonomian yang terus membaik berdampak pada pertumbuhan kredit konsumsi yang disalurkan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau BMRI.

Perusahaan berkode saham BMRI itu tercatat mengalami pertumbuhan kredit konsumer sebesar 8,9 persen pada kuartal I/2022 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha mengatakan hingga akhir Maret 2022 total penyaluran kredit konsumer Bank Mandiri telah mencapai Rp93,7 triliun. Realisasi tersebut mengalami pertumbuhan single digit atau sebesar 8,9 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Bank Mandiri menilai pertumbuhan kredit konsumer menandakan bahwa tren momentum pertumbuhan ekonomi terus membaik, sejalan dengan tingkat daya beli serta kepercayaan masyarakat yang ikut naik. 

“Kami berharap kondisi ini dapat berlanjut dan terus membaik,” kata Rudi kepada Bisnis, Selasa (31/5). 

Merujuk pada presentasi korporasi Bank Mandiri kuartal I/2022, diketahui dari total kredit konsumsi yang telah disalurkan, mayoritas berasal dari kredit pemilikan rumah (KPR) yaitu sebesar Rp46,7 triliun atau 49,8 persen dari total kredit konsumsi. 

Pada periode yang sama kredit kendaraan bermotor (KKB) tercatat sebesar Rp32,4 triliun atau 34,5 persen dari total kredit konsumer. Dibandingkan dengan Maret 2021, KKB Mandiri naik 10,3 persen pada kuartal I/2022. 

Adapun kredit yang disalurkan melalui kartu kredit tercatat sebesar Rp12,4 triliun atau 13,2 persen dari total kredit konsumer. Kredit yang disalurkan melalui kartu kredit tumbuh paling tinggi yaitu 10,5 persen yoy. 

Sementara itu, merujuk data Analisis Perkembangan Uang Beredar oleh Bank Indonesia tren pertumbuhan kredit konsumsi berlanjut pada April 2022 dengan pertumbuhan kredit sebesar 6,4 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Pada Maret 2022 pertumbuhan kredit konsumsi sebesar 6 persen, Februari sebesar 5,2 persen, dan Januari sebesar 5 persen. 

Jika dibandingkan dengan 3 tahun lalu, pertumbuhan kredit konsumsi secara tahunan pada April 2022 lebih tinggi dibandingkan dengan April 2021 (0,4 persen yoy) dan April 2020 (4,1 persen yoy). Akan tetapi jika dibandingkan dengan pertumbuhan kredit konsumsi pada April 2019 (9 persen yoy)  angka pertumbuhan kredit masih lebih rendah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kredit bank mandiri kredit konsumsi
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top